APA ITU BERPIKIR KREATIF?


Gambar

Beberapa frasa kunci yang dapat membimbing kita kepada pemikiran kreatif adalah memandang permasalahan tidaklah menjadi “penyakit”, tetapi terkadang menjadi sumber ide, memiliki ide-ide orisinal dan terkadang ide itu konyol. Kebalikan berpikir kreatif adalah berpikir kritis. Dalam menghadapi suatu persoalan, seseorang perpikir dengan kritis akan mencari persoalannya dengan metode-metode ilmiah dan mencari penyelesaian dengan sangat logis. Orang kreatif mampu memecahkan masalah dengan sangat sederhana dan seringkali tidak terduga. Karena kebanyakan orang berpikir dengan sistematis, terstruktur, dan menggunakan metode-metode yang rumit.

Proses Kreatif

Kreativitas tidak berhenti daan menemukan ide saja. Orang kreatif akan memanfaatkan semua kemampuan yang ada untuk menghasilkan idenya itu menjadi sesuatu produk. Orang kreatif, bisaanya sangat tekun jika idenya itu muncul dan harus ia kejar sampai menjadi sebuah karya. Mereka bekerja dengan tekun dan seperti pantang menyerah sebelum menemukannya. Sehingga mereka terlihat seperti orang paling malas saat belum menemukan ide dan orang paling tekun saat mengerjakan idenya. Kreativitas ditunjang oleh pengetahuan dan karakter. Jika sesuatu yang kreatif dimulai dari ide, maka untuk menjadi karya kreatif atau penyelesaian masalah yang kreatif memerlukan kerja untuk mewujudkannya.

Produk Kreatif

Produk kreatif berkaitan dengan hasil karya orang yang kreatif. Produk-produk kreatif ini bernilai jual tinggi dan bahkan digemari secara universal. Keindahan atau keunikannya dapat mempesona orang – orang di sekitarnya

Tinggalkan komentar