CARA MENERAPKAN NILAI DAN NORMA


Gambar

Kita tahu pentingnya norma dalam kehidupan, pertanyaannya sekarang, bagaimanakah cara menanamkan norma tersebut? Untuk menanamkan norma dalam diri seseorang dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Teladan

Teladan berarti meniru seseorang yang memiliki sesuatu yang patut ditiru atau baik untuk dicontoh, seperti perbuatan, tingkah laku sifat, dan sebagainya. Siapa yang dapat memberikan teladan.

  • Orang tua

Orang tua harus berperilaku yang dapat diteladani oleh anaknya karena pada awalnya anak akan mencotoh orang tuanya.

  • Tokoh agama

Tokoh tersebut dapat dapat diteladani dari kisah-kisah yang ada pada kitab suci ataupun sejarah.

  • Pahlawan

Kita dapat meneladani mereka dalam usahanya memperjuangkan bangsa.

  • Penemu

Jenius bukanlah jaminan seseorang menjadi penemu. Perilaku yang pantang menyerah dan kerjakeraslah yang menjadi syarat mutlak seorang penemu.

Tidak hanya itu saja, masih banya yang bisa dijadikan teladan, sepertiguru, publik figure, para pemimpin, dan sebagainya.

  • Pembiasaan

Sesuatu yang dibiasakan dan dilakukan berulang-ulang, lama-lama akan mendarah daging. Dengan cara pembiasaan kita dapat menerapkan nilai dan norma dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu biasakanlah melakukan kebiasaan yang baik dan tinggalkan kebiasaan yang buruk. Pembiasaan akan membentuk karakter seseorang.

  • Penyadaran

Untuk menerapkan norma dapat dilakukan dengan cara penyadaran. Dalam hal ini, sadar berarti merasa atau mengerti norma itu penting. Agar mengerti pentingnya norma, seseorang harus memahami nilai baik dari norma tersebut apabila dipatuhi dan dijalankan. Orang yang memahami pentingnya sebuah nilai dari suatu norma maka ia akan menjalankannya tanpa ada paksaan.

  • Pengawasan

Pelaksanaan norma dalam masyarakt memerlukan pengawasan. Pengawasan dilakukan untuk memperhatikan tingkah laku masyarakat, untuk memastikan tidak adanya penyimpangansekalipun ditemukan penyimpangan, dapat secepatnya diambil tidakan untuk mengoreksinya. Pengawasan dapat dilakukan oleh berbagai pihak dengan cara bimbingan, sindiran, teguran, atau peringatan.

  • Peghargaan Dan Hukum

Untuk menerapkan norma dapat dilakukan dengan memberikan penghargaan. Penghargaan tersebut dapat menambah motivasi seorang untuk menaati suatu norma. Penghargaan tidak selalu berupa hadiah, biasa saja berupa pengakuan, penghormatan, pujian, perhatian, dan sebgainya. Ada penghargaan bagi yang menaati norma, ada pula hukuman bai yang melanggarnya. Hukuman dibuat untuk menimbulkan efek jera bagi yang melanggarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: