NILAI-NILAI MAHABHARATA


Gambar

  • Nilai kebenaran hakiki, inti pokok cerita Mahabharata adalah konflik (perang) antara saudara sepupu (Pandawa melawan seratus Kurawa) keturunan Bharata. Konflik antara kebenaran/kebijakan yang diperankan oleh Pandawa Lima dengan kejahatan/kebatilan yang diperankan oleh Seratus Kurawa. Dharma (kebenaran/kebaikan) merupakan kebajikan tertinggi yang sering diketengahkan dalam cerita Mahabharata.
  • Nilai kesetiaan (satya), cerita Mahabharata mengandung lima nilai kesetiaan (stya) yang diwakili oleh Yudhistira sulung Pandawa. Nilai kesetiaan/satya sesungguhnya merupakan media penyucian pikiran. Orang yang sering tidak jujur kecerdasannya diracuni oleh virus ketidak jujuran. Ketidak jujuran mengakibatkan pikiran lemah dan dapat diombang-ambing oleh gerakan pancaindera. Orang yang tidak jujur sulit mendapatkan kepercayaan dari lingkungannya. Bahkan, tuhan pun tidak merestui mereka.
  • Nilai pendidikan, system pendidikan yang diterapkan dalam cerita Mahabharata lebih menekankan pada penguasaan satu bidang keilmuan yang disesuaikan dengan minat dan bakat siswa. Artinya, seorang guru dituntut memiliki kepekaan untuk mengetahui bakat dan kemampuan setiap siswanya. System ini diterapkan oleh Guru Drona, Bima yang memiliki tubuh kekar dan kuat bidang keahliannya memaikan senjata gada, Arjuna mempunyai bakat di bidang senjata panah, dididik menjadi ahli panah. Untuk menjadi seorang ahli dan mumpuni di bidangnya masing-masing maka factor disiplin dan kerja keras menjadi kata kunci dalam proses belajar mengajar.
  • Nilai keikhlasan, bermacam-macam keihlasan dijelaskan dalam cerita Mahabharata. Keikhlasan yang dilakukan oleh seseorang dengan maksud tidak mementingkan diri sendiri dan menggalang kebahagiaan bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: