MACAM-MACAM DISKON


pengertian-diskon

Para penjual melakukan berbagai cara agar produknya diminati banyak pembeli. Salah satu cara yang digunakan adalah, yaitu menyelenggarakan acara diskon. Acara diskon yang diselenggarakan penjual dapat diwujudkan dalam berbagai macam tema. Tema yang diselenggarakan berubah-ubah mengikuti situasi yang sedang terjadi.

Diskon Bersyarat

Diskon bersyarat adalah diskon yang diberikan kepada pembeli karena syarat-syarat tertentu telah ditetapkan penjual. Diskon bersyarat biasanya banyak digunakan oleh para grosir untuk mendorong para konsumennya melakukan pembelian dalam pertain besar. Sidkon bersyarat dapat juga digunakan sebagai pendorong pembeli untuk melakukan pembelian secara tunai. Masalah diskon bersyarat dalam perusahaan dagang berkaitan dengan masalah pembellian dan penjualan barang. Pembeli akan mendapoat potongan harga apabila telah mempercepat atau melakukan pembayaran utang masih dalam waktu potongan sesuai dengan ketentuan dalam syarat pembayaran. Pada dasarnya terdapat dua jenis diskon dalam perusahaan dagang, yaitu :

Diskon Tunai

Diskon tunai adalah potongan harga yang diberikan kepada pembeli dari harga resmi yang tertera pada brosur harga.

Diskon Kredit

Diskon kredit adalah potongan harga yang diberikan karena pembeli membayar utang pembelian dalam masa potongan tunai sesuai dengan syarat pembelian yang telah ditentukan. Contohnya adalah 2/10, n/30. 2/10 artinya pemotongan pembelian akan dberikan sebesar 2% apabila pembeli dapat melunasi utangnya dalam jangka waktu 10 hari. n/30 hari artinya jangka waktu kredit dilunasi selambat-lambatnya 30 hari terhitung sejak tanggal transaksi jual beli.

Diskon Plus

Diskon plus adalah diskon yang diberikan kepada pembeli yang besarnya diskon sebanyak dua macam. Jika terdapat suatu produk bertuliskan 50% + 20% , hal tersebut yang disebut diskon plus. Diskon tersebut bukan berarti diskonnya 70%, tetapi harga beli dipotong dengan 50%, kemudian harga yang didiskon dipotong lagi 20%. Diskon plus banyak digunakan di mal yang menjual produk fashion. Diskon yang memberikan potongan harga besar seperti ini merupakan diskon yang banyak diminati pembeli.

Diskon Kupon

Diskon kupon adalah diskon yang diberikan kepada pembeli yang mempunyai kupon pembelian. Diskon kupon dapat diperoleh dari brosur atau Koran. Selain itu, diskon kupon juga dapat kita peroleh melalui internet.

Diskon Anggoata

Member discount adalah diskon yang berlaku untuk anggota took tertentu, dan bagi yang tidak menjadi anggota tidak diberikan diskon. Konsumen yang telah terdaftar menjadi anggota pada waktu melakukan transaksi mendapatkan diskon khusus sesuai dengan ketentuan yang sedang berlaku.

Up To Discount

Up to discount adalah diskon yang diberikan kepada pembeli yang macam diskonnya bermacam-macam dengan diskon maksimal seperti yang dicantumkan. Up to discount banyak diterapkan pada produk fashion.

Clereance Discount

Clereance discount adalah diskon yang diberikan kepada pembeli dengan besarnya diskon disesuaikan dengan keinginan pembeli. Maksudnya, kita diberi kebebasan untuk menawar harga yang tertera di label. Clereance discount biasa diterapkan di pasar tradisional. Dalam diskon ini pembeli harus memiliki kejelian dalam memenagkan penawaran. Seni menawar merupakan gabungan dari pengetahuan, persuasive, dan bahasa tubuh. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam clereance diskon :

  • Lihat kualitas barang
  • Membandingkan dengan berbagai tempat yang mempunyai komoditas yang sama
  • Mulai menawar dengan sikap positif
  • Tawaran lmulai dari setengah harga
  • Hindari tawaran harga yang melompat-lompat
  • Jaga hubungan baik
  • Tujuan diskon

Berikut ini macam diskon dengan tujuannya dipandang dari sudut produsen

Diskon bersyarat –          Mendorong para konsumen untuk melakukan pembelian dalam partai besar

–          Mendorong para konsumen untuk segera melakukan pelunasan utang

–          Mendorong konsumen untuk melakukan pembelian secara tunai

Diskon plus –          Untuk menghabiskan persediaan barang

–          Untuk menghabiskan produk uang bermutu rendah

Diskon kupon –          Dapat menarik konsumen lebih banyak

–          Dapat menjalin kerjasama dengan produsen lain

Member diskon –          Meningkatkan jumlah pelanggan

–          Mejaga kesetiaan konsumen

Up to diskon –          Menyemarakan diskon lain yang besar diskonnya berada dibawahnya
Clereance diskon –          Memperoleh keuntungan secara maksimal

–          Diskon dapat ditentukan berdasarkan kesepakatan penjual dan pembeli

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: