KOLEGA DAN PELANGGAN


dreamstime_corporate

Kolega

Kolega adalah teman sejawat, kawan seprofesi, dan kawan sekerja. Kolega dapat berasal dari perusahaan maupun dari luar perusahaan. Kolega dari dalam perusahaan adalah sesama karyawan yang menjadi partner dalam menyelesaikan pekerjaan yang telah dipercayakan oleh perusahaan kepada karyawan dalam unit kerja yang bersangkutan. Sementara kolega yang berasal dari luar organisasi adalah pihak-pihak, baik perorangan maupun organisasi yang dapat membantu perusahaan dalam mempersiapkan operasional perusahaan atau memproduksi barang atau jasa yang akan dijual kepada konsumen atau pelanggan. Suatu kolega akan memberiikan kontribusi bagi perusahaan meskipun hanya kecil.

Pelanggan

Pelaggan adalah setiap orang atau organisasi yang membeli atau menggunakan suatu produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan secara kontinu atau terus-menerus. Sama seperti kolega, pelanggan dapat berasal dari internal dan eksternal perusahaan. Pelanggan internal adalah karyawan-karyawan dari unit kerja yang lain dalam suatu perusahaan yang membutuhkan prosuk yang dihasilkan oleh unit kerja tertentu dalam perusahaan tersebut. Pelanggan eksternal adalah organisasi dari luar perusahaan yang membeli atau menggunakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Seorang karyawan harus dapat memberiikan layanan yang professional kepada pelanggan. Layanan yang professional dapat diberikan jika karyawan mengenal dengan baik pelanggan yang dihadapi. Pada umumnya pelanggan laki-laki tidak sabar dalam memilih produk yang diinginkan dan mudah terpengaruh rayuan petugas layanan apalagi disertai dengan argumentasi yang logis dan objektif. Sedangkan, pelangan perempuan biasanya bertele-tele dalam memilih produk yang diinginkan, lebih mengutamakan tampilan fisik dibandingkan manfaatnya, bersifat romantis, tidak mudah terpengaruh rayuan dan penjelasan petugas pelayanan, serta mudah meminta pandangan dan pendapat orang lain. Berikut ini beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk dapat memberiikan pelayanan yang tepat dan professional kepada pelanggan:

  • Kemampuan untuk mengidentifikasi produk
  • Kemampuan untuk mengenali tipe-tipe pelanggan
  • Kemampuan untuk memperlakukan pelanggan dengan tepat
  • Kesabaran dalam keluhan
  • Kemampuan untuk memberiikan solusi

Berikut ini beberapa arti penting pelanggan bagi perusahaan :

  • Pelanggan tidak tergantung perusahaan malah sebaliknya
  • Pelanggan adalah sarana promosi yang efektif jika mereka mendapatkan kepuasan atas layanan yang diberikan perusahaan
  • Pelanggan adalah penilai yang efektif bagi kualitas kinerja dan produk perusahaan
  • Pelanggan adalah pihak yang dapat memberiikan keuntungan bagi perusahaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: