JENIS-JENIS LAYANAN JASA PERBANKAN


Lowongan Kerja Staf Keuangan dan SDM

Kegiatan utama bank adalah mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan dan deposito serta menyalurkan ke masyarakat dalam bentuk kredit. Sebenarnya masih banyak kegiatan lain yang dilakukan oleh bank dalam menghasilkan produk bank, antara lain layanan pembuatan rekening giro (demand deposit), giro valuta asing, kliring, letter of credit (L/C), valuta asing, cek, kartu kredit, bank garansi, bilyet giro, inkaso, bank note, safe deposit box (SDB), call center, electronic banking, kartu debit dan kartu ATM, serta kartu kredit.

Rekening Giro

Rekening giro adalah simpanan dari pihak ketiga pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek atau bilyet giro. Cek adalah surat berharga atau alat transaksi pembayaran yang diterbitkan oleh bank sebagai pengganti uang tunai.

Berikut jenis cek :

  • Cek atas nama (Order Cheque)
  • Cek atas unjuk (Bearer Cheque)
  • Cek silang (Cross Cheque)

Sementara bilyet giro (BG) merupakan alat pembayaran yang berbeda dengan cek. Penerimaan dana tidak dapat melakukan pencarian secara tunai, tetapi harus melalui pemindahanbukuan ke rekening yang bersangkutan. Bilyet Giro berfungsi sama dengan cek silang.

Giro Valuta Asing

Pada dasarnya giro valuta asing sama dengan giro rupiah. Perbedaannya terletak pada hal-hal berikut :

  • GVA tidak diberi buku atau bilyet giro
  • Penarikan yang dilakukan dengan menyerahkan amanat tertulis ditandatangani oleh pemegang giro
  • Dapat diperjual belikan pada bursa valuta asing
  • Hanya disediakan oleh bank devisa
  • Jasa giro valuta asing dapat berupa uang tunai asing

Kliring

Kliring merupakan sarana penghitungan warkat antar bank guna memperluas dan memperlancar lalu lintas pembayaran giral. Kegiatan lalu lintas pembayaran jenis ini dilaksanakan oleh Bank Indonesia. Peserta kliring merupakan bank-bank dalam wilayah tertentu. Secara umum manfaat yang diperoleh berbagai pihak terkait dengan penyelenggaraan kliring untuk transaksi antar bank sebagai berikut :

  • Bagi masyarakat, kliring dapat memberikan alternatif dalam melakukan suatu pembayaran efektif, efisien, dan aman
  • Bagi bank, kliring merupakan salah satu advantage service kepada nasabah, fee based incone, dan upaya menggalang dana pihak ketiga untuk kepentingan portofolio fund
  • Bagi bank sentral, kliring dapat digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan suatu bank maupun transaksi-transaksi yang terjadi di masyarakat, baik antar nasabah bank maupun antar bank

Letter of Credit (L/C)

Letter of credit adalah suatu warkat berharga yang diterbitkan oleh suatu bank atas permintaan pihak pemakai jasa (applicant) atau pembeli yang ditujukan kepada pihak ketiga lainnya sehingga bank pembuka letter of credit berusaha untuk melakukan pembayaran. Dengan kata lain letter of credit adalah surat dari suatu bank yang diberi kuasa bank atau pihak lain untuk membayar, merangkap, atau mengambil wesel dalam jumlah tertentu sesuai dengan syarat-syarat yang tercantum dalam L/C.

Istilah istilah L/C :

  • Revocalbe dan Irrevocable L/C
  • Banker’s L/C
  • Confirmed L/C
  • Commercial L/C

Secara khusus L/C dapat dibedakan sebagai berikut :

  • Red Clause L/C
  • Green-ink L/C
  • Revolving L/C
  • Transfer able L/C
  • Back to Back L/C
  • Stand by L/C
  • Restricted L/C
  • Sight L/C
  • Usance L/C
  • Merchant L/C

Dokumen-dokumen yang digunakan dalam L/C :

  • Bill of Leading
  • Wesel
  • Faktur
  • Asuransi
  • Daftar pengepakan
  • Certificate of inspection
  • Certificate of origin

Valuta Asing

Valuta asing atau biasa disebut dengan valas, foreign exchange, forex adalah mata uang yang dikeluarkan sebagai alat pembayaran yang sah di negara lain. Pergerakan nilai valuta asing yang selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu karena hukum permintaan dan penawaran selalu melibatkan berbagai pelaku yang mempunyai berbagai kepentingan :

  • Perusahaan
  • Masyarakat atau perorangan
  • Bank umum
  • Broker
  • Pemerintah
  • Bank sentral

Secara rasional kurs jual lebih besar daripada kurs beli. Transaksi yang terjadi meliputi sebagai berikut :

  • Transaksi tunai (spot)
  • Transaksi tunggak (foreward)
  • Transaiksi barter (swap)

Cek

Cek adalah perintah pembayaran kepada bank dari orang yang menandatangani untuk membayar kepada orang yang membawa cek atau namanya tersebut pada cek dengan sejunlah uang yang tertulis pada kertas cek tersebut. Berikut macam cek :

  • Cek perjalanan

Traveller cheque tersebut menggunakan mata uang asing untuk melakukan transakai dan menggunakan kurs berupa valuta asing sebagai kurs perjalanan.

  • Cek biasa

Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan instrumen pembayaran pengganti uang tunai atau cek. Cek hanya dapat dikeluarkan oleh bank yang sehat atau cukup sehat. Berikut keuntungan kartu kredit :

  • Dapat digunakan untuk belanja dalam jumlah besar tanpa uang tunai
  • Dapat menikmati fasilitas kredit dalam waktu tertentu
  • Pembayaran dengan kartu kredit dijamin oleh bank penerbit
  • Lebih aman
  • Memberikan prestige

Bank Garansi

Kata garansi berasal dari bahasa belanda garansie yang artinya jaminan. Bank garansi merupakan kesanggupan tertulis yang diberikan oleh bank kepada pihak yang menerima jaminan bahwa bank akan membayar sejumlah uang kepadanya pada waktu yang ditetapkan jika pihak terjamin tidak dapat memenuhi kewajibannya.

Bilyet Giro

Bilyet giro adalah surat perintah nasabah pada bank untuk memindahbukukan sejumlah dana. berikut perbedaan antara cek dengan bilyet giro

Cek Bilyet giro
Dapat diangkanDapat diindonisir

Ada post date cheque

Dikenakan meterai

Ada surat perintah untuk membayar

Tidak dapat diuangkanTidak dapat diindonisir

Ada tanggal penerbitan dan tanggal efektif

Bebas meterai

Ada surat perintah pemindahbukuan

Inkaso

Inkaso merupakan pemberian kuasa kepada bank oleh pelapor atau perusahaan untuk menagih, meminta persetujuan pembayaran atau akseptasi, atau menyerahkan kepada pihak bersangkutan di dalam atau di luar negri dalam bentuk wesel, cek, kuitansi, dan surat aksep. Berikut manfaat dari inkaso :

  • Pengirim menyerahkan surat tagihan kepada bank atau nasabah tidak melakukan penagihan sendiri
  • Pengirim menghemat tenaga dan biaya
  • Keamanan terjamin

Berikut macam inkaso :

  • Inkaso berdokumen
  • Inkaso tidak berdokumen

Bank Note (Devisa Tunai)

Bank Note atau devisa tunai adalah uang kartal asing yang dikeluarkan oleh bank luar negri. Transaksi bank note menggunakan kurs yang diperoleh dari kurs konversi.

Safe Deposit Box (SDB)

SDB adalah jasa penyewaan kotak penyimpanan harta atau surat-surat berharga yang dirancang secara khusus dari bahan baja. SDB ditempatkan dalam ruangan khusus yang kokoh serta tahan api untuk menjaga keamanan barang yang disimpan dan memberikan jaminan keamanan bagi penggunanya. berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam SDB :

  • Adanya biaya yang dibebankan
  • Tidak menyimpan barang-barang yang dilarang dalam SDB
  • Menjaga agar kunci yang disimpan tidak hilang atau disalahgunakan pihak lain
  • Memperlihatkan barang yang disimpan
  • Apabila kunci yang dipegang penyewa hilang, biaya jaminan akan digunakan
  • Memiliki daftar isi dari SDB dan menyimpan fotocopynya
  • Penyewa bertanggungjawab jika barang yang disimpan menyebabkan kerugian terhadap bank atau penyewa lainnya

Barang yang tidak boleh disimpan dalam SDB :

  • Senjata api dan bahan peledak
  • Segala macam barang yang diduga dapat membahayakan atau merusak SDB
  • Barang-barang yang sangat diperlukan saat keadaan darurat
  • Barang lainnya yang dilarang oleh bank tertentu

Call Center

Keuntungan menggunakan call center, yaitu hemat dan bebas. Hemat karena kita dapat menghemat waktu dan tenaga sehingga kita tidak perlu berkunjung ke bank. Bebas karena saat ini banyak bank yang memiliki call center 24 jam dari mana pun itu. Layanan yang diberikan call center adalah :

  • Informasi mengenai produk perbankan
  • Solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam menggunakan jasa atau produk bank
  • Menampung keluhan nasabah
  • Melakukan pengamanan dini atas rekening nasabah
  • Membantu memperbarui data nasabah

Electronic Banking (E-Banking)

Saat ini banyak transaksi perbankan yang dapat dilakukan di manapun dan kapan pun dengan mudah dan praktis melalui jaringan elektronik, seperti internet, handphone, dan telepon. Apabila kita telah memiliki rekening tabungan atau giro, kita dapat mengajukan layanan e-banking yang meliputi internet banking, mobile banking, phone banking, dan SMS banking. Jenis transaksi yang dapat dilakukan adalah :

  • Transfer dana
  • Informasi saldo, mutasi rekening, dan informasi nilai tukar
  • Pembayaran tagihan kartu kredit, telepon, listrik, asuransi
  • Pembelian pulsa isi ulang, tiket pesawat, saham

Keuntungan electronic banking :

  • Dapat digunakan kapan saja dan di mana saja
  • Hanya dengan menggunakan perintah melalui alat komunikasi kita dapat langsung melakukan transaksi perbankan
  • e-Banking dilangkapi dengan security user ID dan PIN
  • Beberapa bank juga menggunakan key token alat tambahan untuk mengamankan transaksi finansial

Kartu Debit Dan Kartu ATM

Kartu debit dan kartu ATM adalah kartu khusus yang diberikan oleh bank kepada pemilik rekening. Kartu ini dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronis atas digunakan bertransaksi, kartu akan langsung mengurangi dana yang tersedia pada rekening. Kartu debit dan kartu ATM dapat digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan transaksi dan memperoleh informasi perbankan secara elektronis. Jenis transaksi yang tersedia antara lain sebagai berikut :

  • Penarikan tunai
  • Setoran tunai
  • Transfer dana
  • Pembiayaan
  • Pembelanjaan

Jenis informasi yang tersedia pada layanan kartu debit dan kartu ATM, yaitu informasi saldo dan informasi kurs. Seiring dengan kemajuan teknologi, jenis transaksi dan informasi yang tersedia akan terus bertambah. Keuntungan pemakaian kartu debit dan kartu ATM adalah sebagai berikut :

  • Mudah
  • Aman
  • Fleksible
  • Leluasa

Pada umumnya bank akan mengenakan biaya untuk penggunaan kartu , antara lain biaya administrasi bulanan dan biaya transaksi, khususnya transaksi yang menggunakan jaringan lain. Biaya transaksi via jaringan yang dikenakan oleh bank penerbit berbeda untuk transaksi yang dilakukan di jaringan lokal dan jaringan internasional.

Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan kartu yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan pegelola kartu kredit untuk diberikan kepada orang yang memenuhi persyaratan tertentu sebagai alat pembayaran secara kredit atas perolehan barang atau jasa untuk menarik uang tunai dalam batas kredit sebagaimana telah ditentukan oleh abnk atau perusahaan pengelola kartu kredit. Berikut keuntungan kartu kredit :

  • Transaksi lebih praktis
  • Tidak perlu khawatir menerima uang palsu
  • Tidak perlu mengeluarkan uang saat itu juga
  • Kartu kredit berguna di saat-saat darurat
  • Barang yang kita inginkan dapat dibeli dengan cara mencicil

Yang harus kita perhatikan :

  • Manfaatkan penarikan tunai melalui ATM
  • Hindari kebiasaan membayar sejumlah minimum
  • Segeralah hubungi perusahaan penerbit kartu kredit
  • Kumpulkan sales draft
  • Bayarlahh penuh tagihan sebelum jatuh tempo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: