PERUSAHAAN DAN BADAN USAHA


slide4

Perbedaan Perusahaan Dan Badan Usaha

Apabila kegiatan usaha jasa dilakukan secara terus-menerus dan dikelola dengan baik, lama-kelamaan akan berkembang besar dan menjadi suatu usaha tetap. Usaha yang semacam ini yang dinamakan dedngan perusahaan. Perusahaan adalah kegiatan usaha yang sifatnya tetap, dilakukan secara berkesinambungan dan dikelola dengan manajemen yang baik dengan tujuan untuk memproduksi barang atau jasa sehingga dapat memnuhi kebutuhan masyarakat sekaligus untuk mendapatkan keuntungan. Dari definisi lain, perusahaan adalah tempat berlangsungnya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi yang meliputi mnodal, sumber daya alam, sumber daya manusia, dan kewirausahaan. Secara umum perusahaan dan badan usaha didefinisikan sama, yaitu suatu organisasi yang mengombinasikan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang atau jasa untuk memnuhi kepentingan masyarakat sekaligus mendapatkan laba. Untuk menjadikan sebuah perusahaan, usaha yang dilakukan harus berlangsung secara terus-meneruis dan diwujudkan dalam bentuk badan usaha. Berikut perbedaan perusahaan dan badan usaha :

Perusahaan Badan usaha
Alat badan usaha untuk mengejar keuntungan Kesatuan yuridis dan ekonomi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan
Memproduksi barang dan jasa Mendapatkan laba atau menderita kerugian
Alat badan usaha berupa bengkel, pabrik, toko, kantor, dan lain-lain Kesatuan organisasi berupa firma, persekutuan, dan perseroan terbatas

Karakteristik Badan Usaha

Badan usaha diartikan sebagai suatu unit ekonomi yang mengombinasikan seluruh faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Badan usaha ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Tujuan yang ingin dicapai dalam setiap usahanya mencari keuntungan
  • Memenuhi kebutuhan masyarakat atau konsumen
  • Menggunakan modal dan tenaga kerja

Dikelola oleh pimpinan yang memiliki kemampuan untuk merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan usahanya agar berkembang. Secara umum, badan usaha mempunyai tujuan sebagai berikut :

  • Mendapatkan laba usaha
  • Memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
  • Menjaga kelangsungan usaha
  • Memperluas lapangan kerja

Jenis-Jenis Perusahaan

Jenis-jenis perusahaan menurut skala usaha

  • Perusahaan kecil

Perusahaan jenis ini dapat ditemukan delam industri rumahan. Perusahaan ini dikelola dan dipimpin oleh pemiliknya sendiri dan dibantu beberapa orang.karenasifatnya kecil, perusahaan ini bentuknya perseorangan.

  • Perusahaan sedang

Perusahaan jenis ini menjadi prioritas pemerintah dalam menggerakkan perekonomian nasional. Perusahaan sedang sering disebut sektor usaha kecil menengah (UKM). Perkembangan UKM ini didukung oloeh pemerintah melalui pemberian kredit lunak sehingga mampu menjaga kelangsungan usahanya.

  • Perusahaan besar

Perusahaan tersebut memiliki karyawan sejumklah ratusan hingga ribuan jiwa. Memiliki banyak jumlah karyawan tentu dibutuhkan manajemen perusahaan yang profesional dan rapi.oleh karena itu, perusahaan jenis ini harus melakukan pembagian kerja pada tiap-tiap bagian.

Jenis perusahaan menurut lepangan usaha

  • Perusahaan ekstraktif

Perusahaan ekstraktif disebut juga perusahaan tambang. Kegiatan utamaya melakukan penggalian atau pengambilan barang-barang galian / tambang yang ada di alam.

  • Perusahaan agraris

Perusahaan agrari adalah suatu perusahaan yang kegiatan utamanya melakukan proses produksi budi daya pertanian, peternakan, dan perikanan.

  • Perusahaan industri

Perusahaan industri adalah perusahaan yang kegiatan usahanya bergerak di bidang pengolahan bahan mentah menjadi bahan setengan jadi atau barang setengah jadi menjadi barang jadi.

  • Perusahaan dagang

Perusahaan dagang adalah suatu perusahaan yang kegiatan utamanya melakukan pembelian atas barang dagang dan menjualnya kembali tanpa melakukan perubaan bentuk dan mutu barang.

  • Perusahaan jasa

Kegiatan utama perusahaan jasa adalah memberikan pelayanan kepada konsumen dengan tujuan memperoleh imbalan jasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: