SAHAM


home_image_2

Definisi Saham

Saham dapat berupa lembaran dengan keterangan pemiliknya tapi dapat pula berupa account tertentu atas anam pemilik. Berikut intilah yang perlu diketahui

  • Proxy

Apabila dalam pemilihan jajaran direksi, pemilik saham tertentu tidak bisa datang maka pemilik saham tersebut bisa mendelegasikan hak suaranya pada orang kedua, ini yang disebut proxy

  • Proxy fight

Jika beberapa orang tidak puas dengan manajemen yang sudah terpilih maka rang tersebut bisa menggugat. Ini yang disebut proxy fight

  • Preemptive right

Hak pemegang saham lama untuk membeli saham yang baru dikeluarkan oleh perusahaan tersebut

Keuntungan Saham

Saham menawarkan tingkat pengembalian yang menarik sebagaii alat investasi. Keuntungan bagi investor diperoleh dari deviden dan dari capital gain. Deviden adalah laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh investor karena adanya selisih harga beli dengan harga jualnya.

Saham Umum Dan Saham Preferen

Saham dibedakan menjadi dua tipe yakni saham biasa dan daham preferen. Saham biasa membagikan deviden dan pemegangnya mempunyai hak suara apabila perusahaan mengalami kebangkrutan, pemegang saham biasa mempunyai hak untuk mendapatkan bagian. Saham preferen merupakan gabungan karekteristik antara saham biasa dengan obligasi.

Transaksi Saham

Screenshot_2

Proses Go Public

Go public adalah mekanisme yang dilakukan perusahaan ketika memutuskan untuk menjual sahamnya ke masyarakat guna memperoleh sumber danaproses go public terdiri dari

  • Tahap persiapan
  • Tahap pengajuan pernyataan pendaftaran
  • Tahap penawaran saham
  • Tahap pencatatan saham di bursa efek

Full Commitment Dan Best Effort

Pada saat perusahaajn melakukan proses go public, perusahaan peenjamin emisi akan membantub perusahaan yang menerbitkan saham tersebut. Perusahaan penjamin emisi atu disebut juga bank investasi adalah perusahaan di bidang sekuritas yang membantu perusahaan dalam penerbiatan sekuritas.dalam negosiasi pengan perusahaan penjamin emisi, perusahaan saham bisa menggunakan dua metode :

  • Metode full commitment

Yakni perusahaan sekuritas sebagai penjamin emisi membali seluruh saham emiten dengan harga yang lebih rendah dari harga penawaran.

  • Metode best effort

Yakni perusahaan sekuritas hanya bertindak sebagai agen penjual

Margin Trading Dan Short Selling

Transaksi pada bursa saham selain dengan menggunakan uang tunai juga bisa dengan menggunakan metode berikut :

  • Margin trading

Pada mekanisme ini, investor melakukan transaksi menggunakan hutang

  • Short selling

Pada mekanisme ini, investor melakukan penjualan saham yang tidak dimilikinya. Dengan harapan akan membeli kembali saham tersebut dengan harga yang lebih rendah.

Indeks Harga Saham

Indeks harga saham merupakan indikator pergerakan dari harga-harga saham yang beredar. Pergerakan indeks mampu menjelaskan apakah keadaan pasar sedang aktif atau sebaliknya. Hal ini menentukan apakah ini saatnya investor untuk menjual atau membeli.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: