MENGENAL SISTEM DAN AKTIVASI OTAK TENGAH


What is Midbrain

Pengenalan Cara Aktivasi Otak Tengah

Aktivasi otak tengah adalah suatu penemuan fenomenal dalam pendidikan anak. Kegiatan dengan mata tertutup adalah suatu kegiatan yang paling nyata dapat dilihat. Seorang anak yang telah diaktivasi otak tengahnya dapat mempunyai kemampuan luar biasa. Kemampuan dasar yang dapat dilakukan adalah melihat kartu dengan mata tertutup dan dapat menggunakan indra peraba untuk melihat pola dan warna lengkap dengan angka hanya dengan penglihatan kulit (Skin vision). Kemampuan lain yang dapat dilakukan oleh anak-anak ini adalah berjalan dengan mata ditutup tanpa menabrak. Pada tingkat yang lebih lanjut seorang anak diharapkan dapat melihat benda di balik tembok atau di dalam kotak. Kemampuan prediksi (memperkirakan apa yang akan terjadi beberapa saat kemudian) adalah kemampuan yang lebih tinggi yang dapat dimiliki oleh seorang anak.

Aktivasi otak tengah bukanlah suatu hal yang magis atau berbau supranatural. Aktivasi otak tengah dilakukan secara ilmiah. Aktivasi otak tengah ini banyak mempergunakan gelombang otak alpha. Otak tengah yang teraktivasi memancarkan gelombang otak yang mirip seperti radar. Hal ini membuat pemiliknya mampu melihat benda dalam keadaan mata tertutup. Latihan yang teratur dapat membuat sang anak menjadi lebih kuat dan mampu melihat benda yang terletak lebih tinggi lagi.

Baru-baru ini di masyarakat marak terdapat fenomena yang membuat orang merasa ingin tahu dan merasa gelisah. Yaitu beberapa anak-anak setelah melalui suatu pelajaran dan pelatihan khusus, dapat melihat benda sambil menutup mata, membaca tulisan dan lain sebagainya. Sehingga membuat banyak orang bingung. Untuk memahami fenomena ini, kita perlu terlebih dahulu dijelaskan oleh pendiri yang mengadakan pelajaran-pelajaran tersebut. Dintaranya adalah ahli teknologi ilmiah komputer Amerika secara ahli dari Asosiasi spesialis Komputer Inggris (MACP) dan juga Pelatih dan Pelaksana Senior Sertifikasi Program Bahasa Internasional. Penelitian mereka dikhususkan untuk memperhatikan fungsi dari mid brain terletak di tengah-tengah otak kiri dan otak kanan. Fungsi dari midbrain sendiri adalah sebagai jembatan antara otak kiri dengan otak kanan. Sebuah penemuan yang baru adalah metode yang berbeda dengan lainnya. Berdasarkan ilmu psikologi yang luar biasa, teknik kegrniusan mutakhir, neurolinguistik, ilmu komunikasi, ilmu tingkah laku dan lain sebagainya. Umumnya, setelah midbrain diaktifkan, daya ingat mereka dapat meningkat, daya konsentrasi membaik, daya kreasi bertambah, gerakan kinetik juga menjadi lebih baik, hormon menjadi seimbang, serta secara emosi menjadi stabil dan lain sebagainya.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli tentang otak manusia telah menemukan fungsi dan kerja dari masing-masing otak yang terdapat pada manusua. Otak kanan dan otak kiri ibarat 2 orang pilot yang mengatur bagian yang berbeda pada mental kita. Dan otak tengah untuk menyeimbangkan kedua sisi otak ini. Otak tengah ini dapat menyeimbangkan kerja dari otak kanan dan otak kiri. Otak yang bekerja secara sinergis akan mempunyai kapasitas jauh lebih besar dari otak yang hanya berkembang sebelah. Ketika otak tengah diaktifkan, kita akan memiliki akses yang mudah baik ke otak kiri maupun kanan. Dengan akses mudah ini, mereka akan belajar, membaca dan menghafal benda-benda dalam kecepatan yang lebih cepat dengan demikian meningkatkan keyakinan, minat dan konsentrasi mereka dalam belajar.

Bagaimana midbrain diaktifkan

Seorang anak dengan otak tengah yang kuat, diharapkan dapat mengembangkan otak kanan dan otak kiri secara lebih maksimal sehingga mereka dikatakan jenius. Bukan hanya IQ dan EQ tetapi juag Loving Inteligence.

Di masyarakat, terdapat berbagai metode dalam mengaktifkan midbrain masing-masing metode memiliki hasil yang berbeda. GMC menggunakan teknologi komputer yang modern, mengaktifkan midbrain melalui kolaborasi dan kemanjuran musik, audio, dan lain sebagainya. Dengan prinsip ini dilakukan pelatihan terhadap janin dengan menggunakan musik “Mozart”. Laporan menyebutkan bahwa setelah bayi lahir, lebih cerdas serta lebih cepat belajar dibanding dengan bayi lainnya. Dan tingkat keberhasilan GMC ini mencapai 70% – 80%.

Apa Itu Otak Tengah

Dalam definisi yang diberikan oleh lembaga yang mempopulerkan training aktivasi otak tengah mereka memberikan pernyataan sebagai berikut :

Otak tengah adalah jembatan untuk menghubungkan dan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan otak kanan. Mengaktifkannya akan memungkinakn baik otak kiri maupun otak kanan berfungsi secara normal. Pengaktifan otak tengh mengembalikan kekuatan otak pada keadaan semula.

Jika ditinjau dari definisi anatomi biologi otak, otak tengah disebut juga mesecephalon adalah bagian otak yang terletak di antara forebrain dan hindbrain. Atau terletak antara otak depan dengan otak belakakng. Otak tengah bukan otak penghubung antara otak kiri dan otak kanan. Penghubung antara otak kiri dan kanan adalah corpus callosum. Otak tengah berfungsi bukan sebagai penyeimbang otak kanan dan kiri, tetapi berfungsi dalam pergerakan bola mata, lensa mata, diameter pupil, saraf visual serta gerak motorik.

Otak tengah (mesencephalon) dikenalkan sebagai fungsi jembatan penghubungan atara otak kanan dan kiri. Termasuk fungsi keseimbangan. Otak tengah juga diyakini sebagai perkembangan pertama dalam pertumbuhan janin, otak ini merupakan bagian kecil dari otak yang berfungsi seperti stasiun relay untuk informasi pendengaran dan penglihatan, termasuk berperan untuk meningkatkan kemampuan mengasihi orang lain. Otak tengah juga saja bisa diaktifkan secara manual tapi juga aktif secara alami. Ada sebutan untuk otak tengah yang bisa berfungsi secara alami dengan sebutan orang-orang dengan kemampuan luar biasa. Sementara ada cara pengaktifan otak tengah yang dilakukan GMC dengan komputerisasi melalui metode bermain, dan mendengarkan suara.

Bila otak tengah telah diaktifkan, daya konsentrasi akan meningkat, kemampuan fisik dalam olahraga akan berkembang, otak kanan dan otak kiri bisa seimbang, adanya keseimbangan hormon, serta daya intuisi yang meningkat. Kaitan manfaat umum berkenaan dengan mental anak, maka mafaat secara umum bagi anak yang hiperaktif akan menjadi lebih tenang. Penelitian internasional juga membuktikan bahwa otak tengah mempunyai peranan dalam penyusunan memori yang baru bersamaan dengan organ hipokempus yang dirangsang oleh kadar dopamin otak. Dengan demiliak, pembelajaran melibatkan hanya bagian otak tertentu saja, tetapi juga melibatkan hampir sebagian besar otak.

Pentingnya Optimalisasi Otak Tengah

Dengan mengaktivasi otak tengah, anak akan menjadi anak yang genius dan mempunyai kelebihan yang luar biasa jika dibandingkan kemampuan otak dedwasa yang sudah mati. Tujuan utamanya adalah memberikan aktivasi dan latihan-latihan yang intensif terhadap otak tengah agar tumbuh dan berkembang sebagai mana mestinya. Dengan demikian, otak tengah yang sudah diaktifkan akan mengalami kondisi yang revolutif akan mampu membangun intelegensi yang tinggi dan menyeimbangkan perkembangan dan potensi otak kanan dan kiri. Tidak hanya itu, otak tengah dapat mengatur keseimbangan bagian hormon tubuh. Berikut dampak positif aktivasi otak tengah :

  • Konsentrasi yang lebih baik
  • Daya ingat yang meningkat
  • Tingkat kestabilan emosi yang lebih baik
  • Pengaturan hormon lebih baik
  • Mengontrolan daya kinetik
  • Daya tangkap lebih tinggi
  • Love intelligence yang lebih tinggi

Fungsi Neuron

Neuron adalah sel utama unsur-unsur yang mendasari fungsi sistem saraf termasuk otak, urat saraf tulang belakang, sisitem sensori periferal, dan usus sistemsaraf. Dalalm Wikipedia dijelaskan bahwa neuron berfungsi mengirimkan pesan (impuls) yang berupa rangsangan atau tanggapan. Berdasarkan bentuk percabangannya neuron dapat dibedakan atas :

  • Neuron unipolar
  • Neuron bipolar
  • Neuron multipolar

Berdasrkan fungsinya sel saraf dapat dibagi menjadi :

  • Sel saraf sensori

Mengantar impuls dari reseptor ke sistem saraf pusat yakni otak dan sumsum tulang belakang.

  • Sel saraf motor

Mengirim impuls dari sistem saraf pusat ke otot atau kelenjar yang hasilnya berupa tanggapan tubuh terhadap rangsangan.

  • Sel saraf intermediate

Ditemukan di dalam sistem saraf pusat berfungsi menghubungkan sel saraf motor dengan sel saraf sensori.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: