MENGENAL DASAR KERJA OTAK DAN PIKIRAN BAWAH SADAR


Belajar-hipnotis-Cara-Kerja-Pikiran-Manusia-300x209

Semua Berawal Dari Sebuah Pikiran

Di dalam sebuah buku yang fenomenal “The Secret” yang pernah ditulis oleh Rhonda Byrne tersebut dijelaskan bahwa pikiran manusia bekerja seperti halnya ‘jin’ dalam cerita aladdin, artinya merupakan suatu yang dapat mewujudkan apa yang anda inginkan dalam hidup ini. Di dalam buku tersebut juga dijelaskan bahwa pikiran bekerja halnya magnet yang memiliki kekuatan untuk menarik semua benda yang ada disekitanya. Hanya saja bedanya, magnet hanya dapat menarik suatu benda yang terbuat dari bahan besi, sedangkan pikiran dapat menarik benda/hal apa saja yang dihasilkan dari proses visualisasi yang sangat dalam. Pikiran mendominasi hampir seluruh yang ada dalam dunia ini. Kalau diurutkan mulai awal, semua berawal dari masa muda. Keinginan untuk merubah kehidupan menuju kehidupan yang lebih baik. Setelah bermimpi pasti akan bertindak ke arah yang sesuai untuk merealisasikan impiannya. Dan akan berpikir dahulu sebelum mengambil keputusan yang sangat besar dalam kehidupannya. Seperti itulah kerja dari pikiran.

Alam Bawah Sadar Manusia

Ibaarat sebuah mesin pencari alam sadar adalah alam yang sedang kita gunakan keyword/kata kuncinya atau jika tampilan yang muncul ketika kita menggunakan sebuah mesin pencarian, sisanya tidak terlihat atau tidak terdeteksi lagi, jadi alam sadar adalah alam yang ada saat suatu waktu kita perlukan. Alam bawah sadar sendiri memiliki kemampuan yang luar biasa, pada kondisi-kondisi tertentu alam bawah sadar dapat bekerja, dan kabarnya otak bawah sadar mempunyai kemampuan 7 kali lebih besar dibanding otak sadar.alam bawah sadar mengatur semua aktivitas hidup kita, bahkan saat kita sedang tidur, antara lain bernafas dan mengatur denyut jantung.

Ilustrasi Bawah Sadar Manusia

  • Pembentukan alam bawah sadar keahlian dapat dilalui melalui proses berikut :
  • Proses sadar / tidak tahu
  • Proses penyadaran
  • Tahap pemahiran
  • Tahap membangun alam bawah sadar

Alam bawah sadar adalah sebuah data base raksasa yang memiliki sistem operasi yang paling canggih, seperti sebuah sistem komputer yang rentan terhadap serangan virus, alam bawah sadar pun rentan terhadap serangan virus, virus apa yang bisa merusak alam bawah sadar kita, yaitu virus ketakutan, panic, emosi yang berlebih, trauma dan pikiran negatif lainnya. Namun ada antivirus untuk mengatasi virus tersebut yaitu sikap positif dan rasa percaya diri. Supaya pemrograman bawah sadar dapat lebih cepat terjadi, bangunlah rasa percaya diri, perasaan nyaman dengan diri sendiri, perasaan bahagia, dan bayangkan apa yang anda ingin raih maka klau hal tersebut dilakukan secara konsisten maka alam bawah sadar anda akan menuntun anda menuju sebuah kesuksesan diperlukan emosi atau perasaan yang positif atau perasaan yang menyenangkan. Jadi untuk membangkitkan alam bawah sadar kita adaloah dengan membayangkan, merasakan apa yang kita inginkan rasakan dengan sejelas-jelasnya dan telah berhasil mewujudkan keinginan dan pasrah serta berdoa kepada tuhan YME, maka akan ada jalan yang melintas dalam pikiran tentang bagaimana mewujudkannya sebuah solusi yang lahir setelah proses membayangkan, merasakan apa yang kita inginkan adalah sebuah jawaban dari alam bawah sadar, yang kemungkinan besar akan menuntun kepada sebuah kesuksesan yang anda inginkan.

Mengenal Gelombang Otak

Otak manusia mempunyai kapasitas yang sangat mengagumkan, lebih dari sekedar yang kita kira selama ini. Pada saat lahir seorang bayi memiliki 1.000.000.000.000 sel otak (neuron). Tiap sel otak memiliki ratusan dan ribuan cabang atau tentakel yang berukuran mikro. Masing-masing tentakel ini berisi jamur atau spina dendrit yang mengandung ribuan zat kimia. Inilah yang membawa pesan di antara sel otak, semua informasi dalam setiap pikiran, setiap pengalaman belajar, dan setiap daya ingat yang dimiliki. Dalam kehidupan yang penuh dinamika seperti sekarang ini, banyak sekali perubahan yang terjadi pada orang-orang yang peka terhadap perkembangan zaman. Dan sudah banyak fakta yang mengemukakan tentang hal ini :

  • Quantum Learning adalah suatu metode pembelajaran yang telah berhasiln digunakan oleh pebisnis dan pelajar dari tingkat dasar hingga program doktoral dengan hasil yang menakjubkan
  • Fisika Quantum

Dalam the three pound universe, Judith Hooper dan Dick Teresi membandingkan sebuah otak dengan alam semesta ini. Mereka menyatakan, “Otaklah alam semesta tersebut. Segala sesuatu yang kita ketahui mulai partikel sub atomis sampai galaksi yang sangat jauh segala yang kita rasakan dari rasa cinta kita kepada anak-anak kita sampai rasa takut terhadap musuh dialami dan dibentuk dalam otak kita. Tanpa otak tidak ada apapun tidak partikel nuklir, tidak lubang hitam, tidak rasa cinta, tidak pula kebencian kepada diri kita. Sebuah pernyataan dari Edward De Bono, seorang pengarang sejumlah buku-buku tentang pikiran dan proses berpikir, dengan menggunakan analogi yang tepat menggambarkan berlangsungnya proses pengenalan pola dan lahirnya suatu gagasan kreatif. Setahap demi setahap, spesialisasi setiap belahan otak dikenali memiliki sifat berikut :

  • Otak kiri : bahasa, logika, angka, urutan, melihat, terperinci, linier, tampilan simbolis, memberi koreksi
  • Otak kanan : memberi gambaran, irama, musik, imajinasi, warna, melihat secara keeluruhan, pola, emosi, tidak memberi koreksi

Hal penting yang harus diingat adalah bahwa otak kanan dan otak kiri sebenarnya hanya istilah singkat, atau metafora, untuk spesialisasi yang cenderung ditangi oleh belahan otak masing-masing, kedua rangkaian sifat belahan otak ini menentukan proses berpikir kita. Kreativitas muncul dari interaksi yang luar biasa antara kedua belah otak, dan bukan hanya berasal dari belahan otak kanan. Otak adalah super komputer ciptaan tuhan yang sebenarnya jauh lebih canggih dari super computer manapun buatan manusia. Bersyukurlah kita ini karena otak memungkinkan manusia dapat memilih secara independen sebelum melakukan suatu pemikiran dan tindakan, di mana pemikiran dan tindakan tersebut akan menghasilkan energi tertentu ke alam semesta. Pancaran energi dari manusia tersebut yang sering disebut energi mikrokosmos akan secara terus menerus berinteraksi dengan energi yang tersedia di alam semesta ini atau yang disebut energi makrokosmos.

Dalam teori Law of Attraction, dijelaskan bahwa ada kekuatan dalam diri manusia yang begitu dahsyat yaitu kekuatan otak dan hati. Jika mampu mengolah kekuatan pikiran dan perasaan anda secara positif maka bisa dipastikan apapun keinginan anda akan terwujud. Law of Attraction adalah hukum kreasi tuhan yang maha agung dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Berikut metodenya :

  • Ask (meminta/berdoa)
  • Believe : percaya dan yakin dengan apa yang kita inginkan atau kita minta/doa pasti akan terkabul
  • Receive : menerima perasaan terkabulnya doa atau keinginan

Menurut Jose Silva hanya 10% orang di dunia ini mampu melakukan tahap dua dan tiga dan mereka malakukannya secara alami karena sudah merupakan bakat dari tuhan.

Untuk teknis melatih pikiran dan perasaan kita yaitu sepertiu yang diajarkan Erbe Sentanu seperti berikut :

  • Tujuan utama latihan memrogram otak di sini adalah untuk meng-sinkronisasi otak dan hati agar dua-duanya positif.
  • Diperlukan alat bantu latihan agar pikiran dan perasaan sejalan. Alat bantunya adalah musik atau gelombang suara khusus.
  • Sebagaimana kita tahu, gelombang otak terbagi menjadi 4 kategori :

Beta (14Hz – 100 Hz) : Highly Alert Dan Focused(keadaan sadar)

Alpha (8 Hz – 13,9 Hz) : Relaxed But Alert (rileks dengan mata terpejam)

Theta (4 Hz – 7,9 Hz) : Drowsiness (ambang akan terlelap)

Delta (0,1 – 3,9 Hz) Deep Sleep (tidur nyenyak)

  • Dalam kondisi aktif atau sadar, otak kita berada pada kondisi Beta sehingga gelombang tinggi ini mengeluarkan hormon Kortisol dan Norefinefrin yang bisa menimbulkan rasa cemas, khawatir, stress, marah. Yang perlu kita latih adalah mengkondisikan otak kita untuk bisa masuk ke gelombang Alpha. Gelombang Alpha ini merupakan pintu masuk ke alam bawah sadar manusia. Dengan pikiran yang rileks, perasaan pun akan ikut rileks. Jika sudah mencapai kondisi rileks maka segala sesuatunya menyenangkan dan positif.

Beda Manusia Normal Dengan Manusia Jenius

Rata-rata manusia menggunakan 3% kapasitas otaknya dan jenius menggunakan 4%. Pada waktu kecil dalam otak kita terjadi suatu ledakan. Saat itu setiap sel otak (neuron) yang jumlahnya berjuta-juta mengeluarkan sejumlah serat yang sangat halus dan kecil ke segalah arah, mencari dan membuat sambungan dengan ribuan sanpai puluhan ribu sel otak lainnya. Ini yang dinamakan interkoneksi. Menurut website pusat pelatihan hypnosis dan hypnotherapy disebutkan bahwa jaringan otak manusia hidup menghasilkan gelombang listrik yang berfluktuasi. Gelombang inilah yang disebut gelombang otak. Empat gelombang otak yang diproduksi oleh otak umumnya manusia adalah Beta, Alpha, theta, dan Delta. Sebenarnya gelombang otak tidak hanya tersiri empat macam tersebut, tetapi ada juga Gamma, Beta, Sensori Motor Rythm, Alpha, Theta, Schumann Resonance, Dan Delta

  • Gamma (16 – 100 Hz)

Adalah gelombang otak yang terjadi pada saat seseorang mengalami aktivitas mental yang sangat tinggi.

  • Beta (12 Hz – 19 Hz)

Adalah gelombang otak yang terjadi pada saat seseorang mengalami aktivitas mental yang terjaga penuh.

  • Sensori Motor Rythm (12 Hz – 16 Hz)

Sebenarnya gelombang ini masuk pada kelompok getaran lowBeta, namun mendapatkan perhatian khusus dan juga baru dipelajari secara mendalam akhir-akhir ini oleh para ahli, karena penderita epilepsi, ADHD (Attention Deficit and Hyperactive Disorder), dan Autism ternyata tidak mengahasilkan gelombang ini.

  • Alpha (8 Hz – 12 Hz)

Merupakan gelombang otak yang terjadi pada saat seseorang mengalami relaksasi atau mulai istirahat dengan tanda-tanda mata mulai menutup atau mulai mengantuk. Gelombang Alpha ini mempengaruhi kinerja otak yang berhubungan dengan kreativitas, relaksasi, dan visualisasi. Gelombang otak Alpha sangat kontras dibandingkan dengan kondisi Beta. Kondisi refleks mendorong aliran energi kreativitas dan perasaan segar, sehat. Kondisi gelombang otak Alpha ideal untuk perenungan, pemecahan masalah, dan visualisasi, bertindak sebagai gerbang kreativitas kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: