THE FOCUS OF ATTENTION TO STUDY


focus-on-your-dreams

Mengapa Pendidikan?

Pentingnya pendidikan sebagai awal bagi anak-anak kita, yang dimulai dari rumah dengan pegawasan dan bimbingan dari kedua orang tuanya. Di satu sisi, mereka hidup dalam dunianya, yaitu masa kanak-kanak (childhood), di mana tugas-tugas perkembangan sikologis masih sangat membutuhkan perhatian yang lebih, kasih sayang, bimbingan, pendidikan, serta role model dari kedua orang tuanya untuk membentuk kepribadian yang baik. Bagaimana pula jika sang ibu juga berkarier di luar rumah dan bekerja seperti sang ayah, sementara anak-anak di rumah lebih banyak berdialog dengan pemabantu, baby sitter, atau saudara-saudaranya yang juga masih membutuhkan perhatian orang tua. Keberadaan sang ibu di rumah ternyata menjamin anak-anak mereka mendapatkan perhatian dan bimbingan yang seutuhnya sesuai harapan. Hal yang paling utama dari semua ini adalah bagaimana kita selalu memfokuskan diri kepada pedidikan anak agar dapat berjalan sesuai kewajaran sehingga mereka tetap mendapatkan kasih sayang, perhatian, pendidikan, dan bimbingan kedua orang tua, serta melatih kemandirian sejak dini.

Sumbangan Pelajaran

Focus pada ilmu pengetahuan akan lebih bermanfaat jika diamalkan. “hanya dengan cara kita mengembangkan orang lain yang membuat kita berhasil selamanya” kata Harvey S. Firestone. Di samping menjadikan kita lebih menguasai ilmu pengetahuan, juga mendapat keuntungan dari segi financial, pengembangan hubungan sosial, dan lain sebagainya atas tindakan tersebut. Bentuk pemberian tak harus berupa uang, ilmu pengetahuan, dan lainnya tetapi bisa juga dalam bentuk kasih sayang, perhatian, loyalitas, motivasi, dan bimbingan, atau semampu yang dapat kita berikan. ‘make yourself necessary to some body” kata Ralph Waldo Emerson.

Pendidikan Seumur Hidup

Menyikapi fenomena pendidikan yang ada di negri tercinta ini, sepertinya focus tidak hanya diarahkan kepada program yang digulirkan oleh pemerintahan kita, tetapi, jauh dari itu, bagaiman kita mampu menciptakan pendidikan seumur hidup. Artinya, menuntut ilmu sejatinya tidak pernah berhenti selama kita masih hidup, dan menuntut ilmu atau belajar bagi kita sejatinya dimulai ketika kita masih kecil sampai kelak kita meninggal. Belajar tidak selalu dalam bentuk formal, di mana setelah lulus mendapatkan secarik kertas ijazah, maka selesai pula belajarnya. Pendidikan bisa kita peroleh dari mana saja, dari siapa saja, dan di mana saja. Yang paling penting adalah bagaimana pendidikan dan belajar yang kita ikuti tersebut mampu membentuk diri kita sebagai pribadi yang tangguh, berbudi luhur, serta kreatif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: