DISKON SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK


Marketing Strategy

Pengertian Pemasaran

Pemasaran meliputi beberapa hal berikut :

  • Perumusan tentang berbagai jenis produk yang diinginkan konsumen
  • Perhitungan tentang berapa banyak kebutuhan terthadap produk tersebut
  • Cara menyalurkan produk kepada konsumen
  • Besarnya harga yang seharusnya ditetapkan terhadap produk tersebut yang cocok dengan kondisi konsumen
  • Cara mempromosikan produk tersebut agar konsumen mengetahuinya
  • Menguasai kondisi persaingan yang sedang dihadapi

Beberapa hal tersebut merupakan cara bagaimana produsen dapat memasarkan produk dengan baik. Oleh karena itu, produsen harus mampu menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat yang menjadi konsumen bagi produk-produk yang dihasilkan dan dipasarkan. Produsen yang tidak mampu menjalin hubungan timbal balik yang baik akan membuat konsumen menjadi tidak puas. Apabila hal tersebut terjadi, hubungan antara produsen dan konsumen akan terputus, sehingga perusahaan tidak akan mendapatkan keuntungan. Produsen yang demikian tentu saja akan cepat jatuh, karena kekurangan dana untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, bagian pemasaran merupakan bagian yang penting dalam menciptakan hubungan timbal balik antara konsumen dan produsen.

Bauran Pemasaran

Agar konsumen dapat tertarik terhadap produk kita merupakan suatu hal yang membutuhkan perencanaan dan pengawasan yang matang serta dilakukan tindakan-tindakan yang nyata. Untuk keperluan tersebut produsen fapat melakukan tindakan-tindakan terdiri dari produk, harga, distribusi, promosi. Keempat macam tersebut yang biasa disebut sebagai bauran pemasaran. Bauran pemasaran meruapakan alat yang digunakan produsen dalam mempengaruhi konsumen-konsumennya. Produsen mempengaruhi konsumennya yaitu melalui produk yang ditawarkannya.

Strategi Harga

Produsen perlu memikirkan tentang penetapan harga jual produknya dengan tepat agar diminati konsumennya. Penetapan harga yang tidak tepat mengakibatkan tidak tertariknya konsumen untuk membeli barang tersebut. Beberapa hal yang menjadi hal yang menjadi dasar dalam penetpan harga, antara lain adalah biaya, konsumen, dan persaingan.

Strategi Promosi

  • Iklan

Iklan merupakan alat utama bagi produsen untuk mempengaruhi konsumennya. Ilan dapat dilakukan produsen melalui media cetak maupun media elektronik.

  • Promosi penjualan

Promosi penjualan merupakan kegialan yang dijalankan untuk menjajakan produk yang dipasarkan sedemikian rupa sehingga konsumen akan mudah untuk melihatnya. Promosi penjualan dapat dilakukan dengan penempatan serta pengaturan tertentu, maka produk tersebut akan menarik perhatian konsumen.

  • Personal selling

Personal selling merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melakukan kontrak langsung dengan para calon pembelinya. Dengan adanya kontak langsung tersebut diharapkan akan terjadi hubungan atau interaksi yang positif antara produsen dengan calon konsumennya.

  • Publisitas

Publisitas merupakan cara yang digunakan untuk membentuk pengaruh secara tidak langsung kepada konsumen agar mereka menjadi tahu dan menyenangi produk yang dipasarkan. Publisitas biasanya dilakukan dengan cara memuat berita tentang berita tentang prosuk atau perusahaan yang menghasilkan prosuk tersebut di radio atau televisi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: