STRES BERES


image[3]

Deteksi Dini

Jenuh beraktivitas itu wajar. Seperti halnya gelombang cinta, selalu ada pasang surutnya. Kemungkinan, ada ketidak beresan yang mempengaruhi emosi kita. Jika tanda-tanda di atras mulai menyala, segeralah mencari akar permasalahannya

  • Memahami manfaat dan mudarat stres
  • Relaksasi
  • Membayangkan yang indah-indah
  • Mengatur napas
  • Menahan perasaan

Keluar Dari Lingkaran Stress

Untuk amannya, kita perlu mengenali aktivitas-aktivitas penyebab stress. Untuk setiap aktivitas yang dirasa paling menyebabkan stress. Pekerjaan yang belum selesai adalah salah satu contoh stressor. Jika kita telah mengetahu stressor tersebut, maka kita bisa melakukan pencegahan. Ada ungkapan, tiada hal yang dpat menyebabkan diri kita menjadi stress, kecuali kita sndiri membiarkannya terjadi.

  • Pola makan seimbang

Stress membahayakan antara lain karena menurunkan daya tahan dan meningkatkan ketegangan system tubuh kita kembali berfungsi normal. Diet, dalam arti mengelola pola makanan, juga memperkuat tubuh sehingga mampu bertahan dari stressor.

  • Tidur malam

Tidur malam yang baik membuat system tubuh kita bangkit dan berfungsi kembali dengan baik pada keesokan harinya. Tidur malam yang tidak pulas merusak aktivitas keseharian kita. Kondisi fisik menurun, konsentrasi berkurang, bahkan mental tidak stabil. Tidur mempunyai bebrapa fase. Jika tidur kita mencapai fase tertinggi, maka ketika bangun, tubuh kita akan terasa begitu segar, baik secara fisik maupun pikiran. Berikut cara untuk memiliki kebisaaan tidur yang baik

  • Perbaiki jam biologis dengan tidur secara teratur
  • Hindari kebisaaan melembur pekerjaan sampai larut
  • Beraktivitaslah secara proporsional
  • Lakukan relaksasi sebentar sebelum tidur
  • Hindari konsumsi makanan yang mengandung kafein, nikotin, dsb

Tamasya Dan Olah Raga

Olah raga dan rekreasi membuat tubuh kita lebih toleran terhadap stress sehingga ketika stress menyerang, kondisi tubuh kita lebih capat normal kembali. Olah raga teratur tidak hanya membuat tidur kita menjadi lebih pulas. Tetapi juga berfungsi sebagai penenang kondisi fisik. Menariknya, program pengurang stress melalui olah raga tidak selalu memasyarakatkan aktivitas-aktivitas disik berat yang bertujuan untuk memperkuat otot atau mengurangi berat badan. Perlu diingat, pengaruh kondisi lingkungan sekitar sangat besar terhadap tubuh kita. Pengaruhnya dapat menerobos melalui jalur psikologis maupun biologis. Segala hal yang kita lakukan sewaktu berekreasi, baik fisik atau nonfisik, bisa menjauhkan pikiran dan emosi kita dari masalah-masalah. Prinsipnya, kita mengimbangi tekanan-tekanan yang kita alami dengan kegiatan pengenduran, terutama pikiran. Adanya perimbangan membuat stabilitas tubuh terjaga dan terhindar dari tekanan ekstrem atau stress kelas berat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: