KLUB BELAJAR KREATIF


bisnis_internet

Berpikir Atau Mati

Inovasi memang dapat meningkatkan kualitas pekerjaan, baik pekerjaan yang bersifat professional atau yang lain. Karena inovasi berakar dari sifat kreatif, maka seorang pekerja dituntut untuk memiliki daya kreatif. Banyak aspek yang mencirikan kekreativan seseorang. Salah satunya adalah kemampuan untuk memunculkan beragam alternatif pemecahan masalah. Kemampuan ini mencangkup keterampilan mengombinasikan tata letak objek-objek yang tersedia menjadi bentuk-bentuk yang berbeda. Cara kita belajar dan gaya kita dalam bergaul bisa juga bersifat kratif. Upaya kita untuk menemukan cara belajar yang tepat, juga langkah-langkah dalam bersikap dan berinteraksi dengan teman, keduanya adalah kegiatan kreatif. Setiap manusia lahir dengan potensi kreatif masing-masing. Proses kreatif memungkinkan manusia untuk menciptakan bermacam-macam karya dari sumber dayayang terbatas. Sifat kratif adalah aspek kesehatan mental yang penting. Sifat ini berpengaruh positif pada keefektifan cara memimpin. Pemikiran yang kreatif juga akan meningkatkan kemampuan penalaran dan intuisi.

  • Percaya diri

Sering kali, orang –orang juga beranggapan bahwa daya kreatif bisa muncul bila dana sebagai modal utamanya mencukupi. Padahal, banyak orang-orang yang dianggap kreatif menanyakan bahwa daya kreatif mereka bukan berdasarkan jumlah uang yang mereka terima. Justru, orang-orang yang terlalu memikirkan materi malah memberikan terlalu sedikit waktu untuk berkreasi. Daya kreatif bisa pula muncul karena adanya deadline. Selain itu, daya kreatif bisa muncul dari kompetisi.

  • Resiko dan konsekuensi

Resiko adalah akibat negatif dari sebuah perbuatan, defangkan konsekuensi adalah setiap akibat dari sebuah perbuatan, baik yang positif atau negatif.ada yang mengatakan konsekuensi adalah akibat dari sebuah perbuatan yang akan selalu muncul tanpa bisa dihindari, sementara resiko adalah potensi akibat yang masih bisa dicegah. Daya kreatif dapat muncul pula dari kebisaaan, atau lebih tepatnya, kebisaaan berkreasi. Mulanya bisa saja sekedar coba-coba, tapi jika terus dilakukan dengan ketekunan dan ketelitian, siapa tahu hasilnya. Kita perlu terus-menerus menjaga dan mengembangkan kepekaan dan rasa ingin tahu kita.

  • Karang penghalang besar

Perilaku kreatif memang bisa diajarkan dan dipelajari. Meskipun demikian, tidak berarti hanya orang yang berprestasi akademis yang memilikinya. Supaya kita kita bisa menjadi orang kreatif, ketermapilan dan daya kreatif pun belum cukup. Motivasi tidak kalah penting. Kterampilan, daya kreatif, demikian juga bakat, tidak secara otomatis mendorong seseorang. Motivasi adalah faktor penting yang akan menggerakkan keativitas. Penghalang bisa berasal dari dalam diri kita maupun segala aspek luar yang mempengaruhi kondisi diri kita. Pengahalang internal dapat berupa rasa malas, pola pikir, dan hasrat. Penghalang eksternal pada umunya adalah kondisi-kondisi ruang hidup yang tidak mendukung.

  • Mengubah diri sebelum segalanya berubah

Kita ditantang berpikir secara berbeda dan dengan cara baru, di luar kebisaaan kita selama ini. Hal-hal semacam ini akan membuka jalan dan selalu merangsang daya kreatif. Mereka yang lebih melihat perubahan sebagai ancaman terhadap kemamapanan daripada melihatnya sebagai peluang besar. Padahal, daya kreatif dapat tercetus dari gesekan, benturan, akulturasi, atau bahkan konflik.

Kuatkan Diri Dan Jadilah Pemberani

Kekuatan diri bisa berawal dari sebuah keyakinan, namun rasa yakin terhadap sesuatu hal juga dapat menjadi faktor penghambat daya kreatif. Rasa takut adalah penghalang yang paling mudah dikenali. Daya kreatif menuntut serangkaian persiapan, pemikiran, penjabaran persoalan, dan pemecahannya. Bila motivasi kita rendah, kita pun malas bekerja keras, kurang tekun, dan enggan memanfaatkan kemampuan kreatif kita untuk memecahkan tantangan. Sebagai perpaduan antara pengetahuan, keterampilan, dan keinginan, kebisaaan jelas mempengaruhi daya kreatif. Orang-orang kreatif umumnya memiliki kebisaaan untuk merangsang (stimulasi) daya kreatif mereka. Sebaliknya, orang-orang yang kurang kreatif melakukan hal-hal yang meredam daya kreatif.

  • Bertindak secara kreatif

Tindakan adalah salah satu resep keberhasilan, lebih-lebih jika kita melakukannya secara kreatif dan berusaha menghasilkan inovasi. Dengan bertolak dari daya kreatif, tindakan kita akan membuat kita mampu mengambil keputusan dan menentukan pilihan secara leluasa. Tindakan kita pun menjadi akurat, efisien, dan efektif.

  • Menjaga interaksi

Kondisi sosial disekitar kita dan interaksi kita dengan orang-orangnya juga mempunyai peran dalam kehidupan ini. Daya kreatif kadang-kadang bukan semata aktivitas individual karena aspek sosial juga kita dengan layak akan memotivasi kita untuk lebih produktif. Sementara itu, situasi sosial yang kurang apresiasif akan mengekang kita.

Ala Kreatif Karena Terbisaa Kreatif

Kebisaaan adalah tingkah laku yang dijalankan secara konsisten dan berulang-ulang. Adapun kebisaaan kreatif adalah bentuk kebisaaan yang mengarah kepada lahirnya berbagai keluaran yang bersifat kreatif. Orang kreatif memliki kebisaaan-kebisaaan positif yang mampu mengeliminasi segala macam aral, dan ujung-ujungnya, bisa mewujudkan potensi kreatifnya.

  • Berpikir terbuka

Orang kreatif terbisaa bersikap terbuka terhadap segala macam ide, gagasan, atau pemikiran, mulai dari yang lurus-lurus saja sampai yang tergolong kontroversial. Kebisaaan berpikir terbuka mengondisikan orang kreatif untuk selalu berpikir terbuka, peka, dan siap menerima hal-hal baru. Mereka pun termudahkan dalam beradaptasi dan memiliki sikap positif terhadap bentuk perubahan di sekelilingnya.

  • Coba dan tantang

Tidak ada yang bisa menandingi keberanian orang-orang kreatif dalam bereksperimen dengan hal-hal baru, bahkan bila itu asing dan tampak tidak masuk akal. Orang kreatif berani dan tidak takut gagal. Ia menemukan banyak hal baru, ememcahkan misteri yang membuatnya penasaran, dan tentu saja memuaskan hasrat ingin tahunya. Jika mereka ditanyai hal yang bisa menggerakkan orang kreatif menuju karya spektakulernya, jawabnya pasti adalah tantangan. Orang seperti itu piawai dalam membangkitkan gairah dan motivasi berkreasi, serta memanfaatkan energi dari dalam maupun luar dirinya. Orang kreatif menjadikan tentangan sebagai kesempatan untuk meneguhkan jati dirinya.

  • Manipulasi informasi

Orang kreatif mungkin akan memperlakukan perintah yang tidak detil dan tanpa kejelasan sesuai seleranya saja. Disamping ahli dalam menyiasati aral dari luar, ia juga cenderung mandiri dalam beraktivitas dan selalu memasukkan jiwa pribadinya dalam proses kreatif.

  • Menyirami imajinasi

Imajinasi adalah karunia tuhan yang istimewa. Imajinasi adalah nafas daya kreatif. Tiada daya kreatif tanpa imajinasi. Dengan imajinasi, orang kreatif mampu menciptakan dunia tenpa batas ruang dan waktu. Kekuatan imajinasi memberikan bahan untuk terciptanya proses kreatif dan hasil inovatif.

  • Variasi dan gairah

Orang kreatif kurang menyukai hal-hal yang bersifat monoton, tunggal, hitam putih, atau kategori lain yang membatasi ekspresi kreatif. Mereka terbisaa berpikir alternatif, menyuguhkan pilihan-pilihan, dan variasi. Sikap-sikap khas orang kreatif membuat mereka selalu bersemangat dalam setiap pekerjaan. Sewaktu berada di titik kreatifnya, aliran energi seolah-olah menyetrum sehingga membuat mereka terus terfokus, seperti tak kenal lelah, bahkan lupa dengan waktu.

Tip Dan Trik Agar Jadi Kreatif

Banyak pakar mengatakan creativity is a universal talent. Berikut beberapa cara untuk menjadi kreatif :

  • Pahami persoalan

Dengan memahami masalah secara jernih, kita tidak akan salah sasaran atau hanya berputar-putar dengan permaslahan itu-itu saja.

  • Rumuskan keadaan dan tujuan
  • Kenali selah dan inti permasalahan
  • Penelitian dan analisis
  • Bangun daya kreatif
  1. Amati sesuatu yang dikenal
  2. Lakukan saat itu juga
  3. Lihat dari sudut pandang yang berbeda
  • Trik memunculkan ide-ide dalam kelompok
  • Melaksanakan curah gagasan
  • Membuat bahan penjelasan
  • Terencana dan terpadu
  • Tinggalkan sikap negatif
  • Semua harus berperan
  • Mendengar aktif
  • Ringkas, bahas, dan bagi tugas
  • Latihan pembentukan daya kreatif
  • Berpikir melawan arus
  • Mencoba hal baru
  • Menjaring jawaban
  • Pengamatan menyeluruh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: