BANGKIT DARI KEGAGALAN


motivasi-diri-bangkit-dari-kegagalan

Bertekuk Lutut Tidak Patut

Kegagalan sesungguhnya adalah pengalaman yang berharga. Sungguh amat berbeda antara seseorang yang menyusun buku di dalam rumahnya dengan mengandalkan cerita orang lain daripada seseorang yang telah menjalani sebuah perjalanan. Kegagalan tidak menghapuskan kesempatan. Pembasmi kiesempatan hanyalah sikap putus asa. Justru jika kita berputus asa, kesempatan malah bisa lenyap.

Rencana Baru Itu Perlu

Salah satu hal yang menarik dari orang yang benar-benar sukses, mereka mampu menjaga kesinambungan kesuksesan. Setiap selesai mencapai sebuah tujuan, maka mereka akan segera mengecek rencana lama dan segera menyusun rencana baru dengan target lebih tinggi. Gunanya untuk terus memperluas dan meningkatkan kesuksesan yang sementara itu sudah teraih. Berikut beberapa tipsnya :

  • Buatlah daftar target-target yang ingin dicapai dalam rentang waktu tertentu
  • Jabarkan secara rinci tentang aktivitas yang perlu dilakukan untuk mencapai target-target tersebut
  • Jaga fokus

Sengan langkah yang terrencana dengan jelas dan terperinci ini, setidaknya kita tidak akan kehilangan orientasi. Fokus pencapaian tujuan pun tetap terjaga.

  • Aktivitas + slogan = semangat

Kalau rasa malas sesekali muncul sewaktu kita melakukan suatu rutinitas, itu manusiawi. Hanya kita perlu bersikap wapada. Berikut beberapa cara menyiasatinya

Carilah hal-hal yang motivatif

Buatlah slogan

Hafalkan motto hidupmu

  • Agenda + kelalaian = hukuman

Dalam hal pelaksanaan agenda yang telah kita tetapkan, kita bisa mengadopsi system pemberian saksi alias hukuman. Sanksi bisa diperlakukan terhadap setiap kelalaian atau kurangnya semangat kita dalam menjalankan agenda tersebut, lebih-lebih jika pencapaian kita tidak memenuhi target.

  • Aktivitas + evaluasi = lanjutkan

Agenda rutin yang telah dijalani dalam rentang waktu tertentu perlu dievaluasi. Jika merasa kegiatan itu tidak mengalami kekurangan, baik dari segi kuantitas, maupun kulitas, berarti telah mampu menjaga kedisiplinan dan harus dipertahankan. Evaluasi dalam rentang waktu tertentu ini sangat penting untuk dilakukan.

Ketegaran Batu Karang

Menjadi sukses itu menyenangkan. Kalau sudah mencapai kesuksesam, seseorang bisa menikmati momen emas itu. Terlepas dari seberapa jauh orang-orang sukses itu mau mengingat masa lalunya, mereka adalah sosok-sosok yang memiliki sikap tahan banting dan pantang menyerah. Atas berbagai keterpurukan yang menimpa, mereka akan memandangnya dengan cara yang berbeda. Segala kepayahan yang kita alami tidak perlu terus-menerus ditangisi, melainkan dijadikan cambuk hati. Pengalaman juga terlalu berharga untuk disia-siakan, sebab ikut mematangkan pikiran kita sehingga semakin maju dan berkembang.

Kekuatan Doa

Setiap orang memiliki dimensi ruhaniah, yaitu dimensi yang tidak tersentuh dengan kondisi material. Dimensi ini erat kaitannya dengan emosi positif. Tekad bulat dan niat yang kuat merupakan hasil dari emosi positif itu. Ternyata, niat dan tekad itu belum mencukupi. Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa doa mampu mengawal kita untuk maju. Fungsi doa diantara menjaga kekuatan niat dan tekad tadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: