PSIKOLOG VS KECERDASAN


psychology-1

“Kecerdasan adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa dan belajar.”

Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences Theory)

Teori kecerdasan majemuk yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia, terutama dalam bidang pendidikan ini dicetuskan oleh Howard Gardner dari Universitas Harvard. Menurut Gardner, semua manusia mempunyai kecerdasan dan berhak untuk cerdas. Setiap orang mempunyai kapasitas yang berbeda-beda dan perkembangan kecerdasan yang dimiliki setiap orang pun berbeda. Hal yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi jenis kecerdasan yang dimiliki berdasarkan gejala atau ciri yang diperlihatkan, kemudian dikembangkan agar kecerdasan tersebut optimal. Gardner mengemukakan bahwa dalam kecerdasan majemuk terdapat delapan unsur kecerdasan yaitu :

  • Kecerdasan linguistic bahasa
  • Kecerdasan logis matematis
  • Kecerdasan visual spasial
  • Kecerdasan kinestetik jasmani
  • Kecerdasan musikal
  • Kecerdasan interpersonal
  • Kecerdasan intrapersonal
  • Kecerdasan naturalis

Kecerdasan Psikolog

Psikolog adalah orang yang bergelut dengan dunia jiwa. Dia selalu bisa membaca apa yang terjadi kepada dirinya, diri orang lain dari apa yang terlihat, terasa,, dan ketajaman mata batin. Dia mampu mengukur kapasitas yang tepat untuk bertindak secara bijaksana, serta menyadari penuh kekuatan batin, emosi, niat, motivasi, tempramen, dan keinginan. Juga mempunyai kemampuan untuk disiplin diri, pengetahuan diri, dan harga diri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: