TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK


Gambar

Usia 0 – 1 Tahun

Fase ini merupakan titik krusial dalam diri seorang anak. Seluruh aspek perkembangan anak yang meliputi perkembangan fisik, berbahasa dan berkomunikasi, daya pikir, serta perilaku terjadi pada usia ini. Oleh karena itu, rangsangan dan pembelajaran yang diberi pun harus tepat dan sesuai dengan kondisi anak pada usia ini.

Usia 1 – 3 Tahun

Pada usia ini anak sudah bias menggerakkan anggota badannya dan melatih keseimbangan badan. Dari segi perkembangan kebahasaan, anak telah mampu berekasi terhadap isyarat atau perkataan orang lain serta mampu mengucapka keinginannya meskipun dengan ucapan sederhana. Kemampuan kognitif juga berkembang dengan memahami beberapa konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Usia 4 – 6 Tahun

Dari perkembangan fisiknya, anak seusia ini telah mampu menunjukkan kelenturan otot dan mengurus diri sendiri. Selain itu, anak telah mampu berkomunikasi secara lebih baik, menyampaikan ide-ide sederhana, menerapkan tata karma dalam kehidupan sehari-hari, serta bias berkreasi.

Secara garis besar, pembelajaran anak pada usia dini menitikberatkan pada pembentukan dasar bagi perkembangan dan pertumbuhan fisik, daya cipta, dan beragam bentuk kecerdasan. Kemampuan daya ciptanya sangat dipengaruhi oleh factor rangsangan dan lingkungannya, sedangkan kecerdasannya sangat dipengaruhi oleh kombinasi ketercukupan vitamin, rangsangan, dan lingkungannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: