MEMBENTUK ANAK BERBAKAT DAN CERDAS


Gambar

Anak yang berbakat biasanya mempunyai kemampuan intelektual yang tinggi, memiliki rasa percaya diri, bias mengatur dirinya sendiri, dan responsive terhadap rangsangan yang dating dari lingkungannya. Untuk mendapatkan anak yang berbakat, ada tiga factor yang sangat menentukan, yaitu keluarga, teman sebaya, dan sekolah.

Keluarga

Keluarga yang mampu melahirkan anak yang berbakat adalah keluarga yang menjunjung tinggi sportivitas, prestasi, demokrasi, dan keragaman. Pada tingkat dini, orang tua harus sudah bias mendeteksi kemampuan yang diniliki anaknya. Orang tua yang memahami bakat anaknya akan memperlakukan anaknya secara tepat dan benar sesuai dengan tahap perkembangannya. Untuk mendidik anak menjadi berbakat sebetulnya bukan merupakan pekerjaan yang sulit bagi orang tua. Ajaklah anak untuk berkomunikasi tentang apa yang ia rasakan, inginkan, dan beri kesempatan kepadanya untuk berbicara. Di lain pihak, orang tua harus menyadari bahwa setiap anak mempunyai cara dan gaya sendiri-sendiri dalam belajar. Ada anak yang suka belajar sambil mendengarkan music, makan makanan ringan, pindah-pindah tempat, dll.

Teman Sebaya

Factor lain yang mampu merangsang anak untuk tumbuh menjadi anak yang berbakat adalah teman sebayanya. Dalam interaksi dengan sebayanya. anak akan berkenalan dengan beragam konsep social yang penting bagi kehidupannya kelak. Saat bermain, anak akan belajar berkompetisi, toleransi, adaptasi, bahkan berempati dan bersimpati. Dengan bermain bersama teman sebayanya, kemampuan anak untuk hidup dalam keragaman akan tereksplorasi. Tetapi, tidak setiap permainan bias diikuti oleh anak. Ada beberapa unsur yang sebaiknya kita temukan dalam permainann yang akan diikuti anak.

  • Tujuan permainan adalah kepuasan anak itu sendiri.
  • Permainan akan efektif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak apabila permainan itu berasal dari keinginan pribadi anak sendiri.
  • Sebuah permainan bias dikatakan bermanfaat bagi anak apabila sifatnya menyenangkan dan bias dinikmati oleh anak.
  • Bermain bagi anak adalah mengeksplorasi kemampuannya berfantasi dan berimajinasi
  • Anak harus sadar dan bias mengikuti permainan secara aktif

Sekolah

Banyak ahli yang memberikan cirri-ciri terhadap anak yang berbakat, antara lain sebagai berikut:

  • Memiliki keunggulan di berbagai bidang apabila dibandingkan dengan teman sebayanya
  • Perilakunya sering dianggap aneh oleh orang lain
  • Tingkat produktivitasnya tinggi
  • Mampu mengerjakan satu atau beberapa tugas dengan hasil yang baik
  • Memegang teguh nilai-nilai pribadi dan masyarakat

Kelima cirri tersebut tentu bias melekat pada diri seorang anak atau bias pula tidak karena ciri-ciri anak berbakat di atas sifatnya umum. Ada tiga factor utama yang mempengaruhi kecerdasan anak. Genetic atau keturunan, secara biologis, gen memang merupakan factor dominan yang mampu membawa unsur-unsur dari orang tua kepada anaknya. Lingkungan yang mampu merangsang kecerdasan anak. Penting bagi orang tua untuk menjaga gizi yang didapat anaknya. Selain factor gen, lingkungan, dan gizi, kecerdasan anak juga dipengaruhi oleh pola hidup keluarganya. Menurut para ahli, kecerdasan seorang anak bukan hanya meliputi kecerdasan intelektual yang selama ini diyakini banyak orang tua. Menurut Howard Gardner, seorang pakar psikologi, kecerdasan meliputi tujuh macam yang biasa disebut dengan multiple intelligence. Kecerdasan yng mungkin dimiliki oleh seseorang antara lain sebagai berikut :

  • Kecerdasan logis matematis
  • Kecerdasan linguistic verbal
  • Keserdasan spasial visual
  • Kecerdasan musical
  • Kecerdasan kinestetik
  • Kecerdasan interpersonal
  • Kecerdasan intrapersonal

Tentu tidak setiap orang bias memiliki aspek-aspek kecerdasan tersebut. Adakalanya satu aspek menonjol dibandingkan aspek yang lain dalam diri seseorang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: