BAGAIMANA AGAR KITA KREATIF?


Gambar

Kreativitas dapat dianggap sebagai sesuatu respon seseorang terhadap sesuatu yang dialaminya. Kreativitas dapat diekspresikan dalam berbagai pekerjaan dan aspek kehidupan. Untuk menjadi kreatif kita bisa belajar dengan anak-anak. Mereka memiliki imajinasi, selalu ingin tahu, dan mencoba sesuatu yang baru.

MENCOBA MENCIPTAKAN SESUATU

Untuk menciptakan sesuatu memerlukan keberanian. Anak-anak tidak memiliki rasa takut, sehingga ia bebas berekspresi dan berkreasi. Kita harus membangkitkan kembali imajinasi dan keberanian anak-anak untuk kreatif.

BERSIKAP TERBUKA DAN EKSPLORATIF

Sikap terbuka maksudnya menganggap suatu persoalan bukan sebagai beban. Kita sering terjebak atau terkurung dengan aturan-aturan yang membuat pikiran pun menjadi tidak bergerak. Aturan ditunjukkan untuk mengatur tingkah laku, bukan mengekang pikiran. Pikiran yang terbebas dari aturan akan berkelana dengan bebas dan menjadi ide. Keluarkanlah jiwa kanak-kanak kita. Anak-anak lebih kreatif dari orang dewasa. Dengan berpikiran seperti anak-anak, artinya seseorang memandang persoalan ini dengan riang gembira. Sehingga membuka pikiran kita terhadap alternatif baru bagi pemecahan suatu persoalan. Orang yang kreatif mampu melihat sesuatu dari perspektif yang tidak bisaa. Pikiran yang terbuka dan eksploratif akan senantiasa berkelana untuk mencari dan mendapatkan ide terhadap suatu benda, suatu peristiwa, atau suatu persoalan.

BERIMAJINASI

Imajinasi dan ide kreatif sering ditentang oleh pikiran logis. Berimajinasi berarti membiarkan pikiran dan angan-angan bebas berkelana. Imajinasi bisa melampaui batas-batas ilmu pengetahuan. Dengan imajinasi pula orang-orang pintar dan cerdas terus meneliti dan membuat percobaan-percobaan dalam teknologi di segala bidang.

MEMBUAT PERTANYAAN DI DALAM DIRI TERHADAP SESUATU

Pertanyaan-pertanyaan membuat seseorang merasa dalam rasa ingin tahu. Kegiatan sederhana menghadapi pertanyaan merupakan cara hebat dan luar bisaa untuk membuka bakat kreatif anda. Orang kreatif memicu kreativitasnya dari pertanyaan yang dibuat sendiri dan daicari jawabannya sendiri.

SELALU INGIN MENCARI TAHU

Pikiran kreatif memerlukan wawasan pengetahuan dengan beragam informasi. Dengan pengetahuan yang dimiliki kita bisa memikirakan atau mengaitkan satu pengetahuan dengan pengetahuan lain.

BERPIKIR BERBEDA, JANGAN TAKUT BERBEDA PENDAPAT DENGAN ORANG LAIN

Berpikir berbeda ini antar ini antara lain dengan mencetuskan ide yang berlawanan dengan pendapat umum. Kita bisa membuat pertanyaan atau saran kontroversial itu dengan membuat pertanyaan untuk diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: