FUNGSI KOPERASI SYARI’AH (PENGHIMPUNAN DANA)


Gambar

Dalam penghimpunan dana (funding) diupayakan untuk direncanakan dengan matang, supaya menarik minat masyarakat untuk bergabung dengan koperasi. Prinsip utama dari penghimpunan dana koperasi syariah ini adalah kepercayaan, yang artinya bila banyak masyarakat yang percaya dengan koperasi tersebut maka akan banyak masyarakat yang menaruh dananyapada koperasi atau BMT yang terpercaya tersebut. Program membangun kepercayaan masyarakat harus tetap ditingkatkan, yaitu dengan cara memperhatikan calon anggota yang akan dijadikan pasa. Setelah tahap kepercayaan dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah membangun sistem, sehingga loyalitas anggota dan nasabah tidak hanya terbentuk karena charisma seorang tokoh, tapi pada sistem manajemen dan keuangannya.

Sumber Dana Dan Karakteristiknya

Sebenarnya jumlah dana yang dapat dihimpun melalui BMT tidak tebatas, tapi dari pihak manajemen harus mengemas dana-dana yang masuk untuk dimasukkan dalam prosuk-produknya sehingga memiliki nilai jual yang layak.

Prinsip simpanan BMT atau koperasi syariah :

  • Prinsip Wadi’ah

Berasal dari namanya, wadi’ah adalah titipan, jadi prinsip simpanan wadi’ah adalah akad penitipan barang atau uang kepada BMT, maka kewajiban BMT harus merawat barang titipan tersebut dengan baik, serta mengembalikan barang yang dititipkan tersebut saat penitip meminta kembali. Prinsip wadi’ah ini dibagi menjadi dua, wadi’ah amanah dan wadi’ah yad dhomanah

  • Prinsip Mudhorobah

Prinsip mudhorobah merupakan akad kerjasama modal dari pemilik dana (shohibul maal) dengan pengelola dana atau pengusaha (mudhorib) atas dasar bagi hasil. Dalam hal penghimpunan dana, BMT berfungsi sebagai mudhorib dan penyimpan sebagai shohibul maal. Prinsip ini dapat dikembangkan untuk semua jenis simpanan di BMT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: