PERAN KOPERASI DALAM PEREKONOMIAN (Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia)


Gambar

Keberhasilan suatu koperasi tidak hanya ditentukan oleh besarnya modal atau peran pemerintah. Akan tetapi, keberhasilan koperasi ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia di dalamnya. Peningkatan kualitas sumber daya manusia berkaitan dengan aspek manajemen yang sering disebut dengan istilah manajemen kepegawaian atau manajemen personalia. Manajemen ini merupakan serangkaian aktivitas yang berkaitan dengan penggunaan tenaga kerja manusia dalam suatu usaha kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Pengadaan Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia memiliki kegiatan utama berupa pengadaan sumber daya manusia. Kegiatannya meliputi pengrekrutan, penyeleksian, dan penempatan yang didasarkan pada kualitas dan kuantitas yang dibutuhkan. Perkembangan dunia usaha yang begitu pesat mendorong beberapa pengurus koperasi untuk meningkatkan kinerja koperasi. Pengurus memiliki komitmen tinggi untuk menciptakan kinerja koperasi yang lebih professional.

Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia

  • Pelatihan dan pendidikan

Pelatihan dan pendidikan termasuk bentuk investasi yang bersifat produktif. Investasi ini akan memberikan keuntungan dalam bentuk kualitas kerja yang lebih produktif dan professional. Pelatihan dapat bersifat jangka pendek, praktis, dan fokus bagi sesuatu jenis pekerjaan tertentu. Sementara pendidikan labih bersifat teoritis untuk jangka waktu lama dan tidak terbatas dalam rangka mengerjakan tugas tertentu.

  • Rotasi jabatan

Karyawan bisa memahami pelaksanaan atas berbagai tugas yang berbeda. Akan tetapi, dalam rotasi ini perlu diperhatikan kemampuan, kecakapan, dan kompetensi karyawan agar tugas bisa dikerjakan dengan baik

  • Konferensi

Konferensi dapat dijadikan sarana untuk menambah pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan bagi peserta

  • Pendelegasian wewenang

Pendelegasian wewenang akan mendorong bawahan untuk berkembang sekaligus sebagai media belajar dari kesalahan yang telah dilakukannya.

  • Konseling

Pada kegiatan operasional koperasi, manajer sebaiknya perlu mengerti, berempati dan mempertimbangkan masalah yang dihadapi bawahannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: