PENGELOLAAN KOPERASI YANG EFISIEN (Merencanakan Kegiatan Usaha)


Gambar

Manajemen dalam Koperasi

Fungsi manajemen

Manajemen koperasi diartikan segenap atau sekumpulan orang yang melakukan aktivitas manajemen dalam organisasi koperasi. Secara umum, aktivitas manajemen adalah sebagai berikut

  • Perencanaan (planning) melihat jauh ke depan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan, merancang proses berlangsungnya pekerjaan, dan mempersiapkan tindakan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan. Permasalahan mengenai unsur perencanaan perlu dibahas secara matang oleh perangkat organisasi koperasi. Unsur ini menjadi langkah awal dalam mengembangkan kegiatan usahanya.
  • Pengarahan (directing) berkaitan erat dengan fungsi perencanaan. Fungsi ini meliputi penerapan unsur-unsur dalam perencanaan menjadi pengaruh yang bisa meningkatkan produktivitas. Fungsi pengarahan memiliki tujuan untuk mengoordinasikan kegiatan bawahan.
  • Pengorganisasian (organizing) merupakan tindakan mengelompokkan kegiatan-kegiatan dengan cara menetapkan susunan dan fungsi tiap-tiap unit dalam organisasi koperasi. Tujuan utamanya adalah mempermudah melaksanakan tugas dengan membagi kekuatan besar menjadi kekuatan lebih kecil.
  • Pengawasan (controlling) diartikan sebagai suatu proses untuk menerapkan pekerjaan apa yang sudah dilakukan kemudian menilai dan mengoreksinya agar pelaksanaan kerja sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Mengelola koperasi dengan manajemen wirausaha

Wirakoperasi sebaiknya lahir dari kalangan koperasi, yaitu orang yang memahami dan menghayati hakikat dan prinsip koperasi yang kemudian berupaya mengembangkannya secara konsisten. Wirakoperasi diartikan orang yang memiliki keyakinan tinggi bahwa koperasi dapat dijadikan media pemecahan berbagai masalah pelik yang dihadapi anggota dan masyarkat ekonomi lemah. Pada pelaksanaan operasional koperasi, wirakoperasi perlu memahami dan menerapkan konsep manajemen kewirausahaan.

Bidang Usaha Koperasi

Koperasi merupakan pilar perekonomian nasional yang diharapkan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat. Kegiatan perekonomian tidak hanya berkaitan dengan konsumsi, tetapi juga melibatkan kegiatan produksi dan distribusi. Unit usaha ini selain berfungsi mencari keuntungan, juga menyejahterakan anggotanya. Melalui unit usaha ini, kebutuhan masyarakat diharapkan dapat terpenuhi sehingga taraf hidup meningkat. Selain untuk memenuhi kebutuhan anggota, kegiatan usaha koperasi juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitar lingkup kerja koperasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: