KEGIATAN PEMASARAN KOPERASI (Orientasi Pasar)


Gambar

Orientasi pasar menuntut manajemen koperasi untuk melakukan peninjauan secara cermat terhadap lingkungan usaha di luar koperasi. Oriientasi mencakup tiga aspek :

Orientasi Konsumen

  • Mengutamakan kepuasan pelanggan
  • Mengerti kebutuhan pelanggan
  • Memberi perhatian penuh terhadap pelayanan purnajual
  • Mencari cara untuk menguntungkan pelanggan dan meminimalkan biaya-biaya
  • Mengumpulkan informasi tentang kebutuhan pelanggan masa kini dan masa datang

Orientasi Pesaing

  • Pendistribusian informasi perihal keberadaan pesaing yang mengancam aktivitas koperasi
  • Secara teratur pihak manajemen mendiskusikan kekuatan serta strategi para pesaing

Koordinasi Antarfungsional

  • Mengomunikasikan informasi perihal kesan pelanggan kepada seluruh jajaran manajemen
  • Mengomunikasikan isu-isu seputar perkembangan pasar kepada seluruh jajaran manajemen
  • Unit-unit manajemen mendistribusikan sumberdayanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: