PERAN SERTA PEMUDA DALAM BERBAGAI BIDANG PEMBANGUNAN


Gambar

Semenjak era pra-kemerdekaan hingga masa reformasi saat ini, peran pemuda sangat berpengaruh dalam pembangunan nasional Indonesia. Dalam perkembangan dari masa ke masa pemuda menunjukkan perkembangan peran mereka. Dengan pengaruhnya yang cukup besar dalam pembangunan nasional, pemerintah memberikan perhatian pada peran peran pemuda melalui Undang-Undang No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan. Berdasakan undang-undang tersebut, pemuda memiliki tiga peran :

  • Sebagai kekuatan moral
  • Sebagai control social
  • Sebagai agen perubahan

Peran pemuda tersebut di atas merupakan perwujudan dari fungsi, peran, karakteristik, dan kedudukannya yang strategis dalam pembangunan nasional. Dalam perannya untuk mampu mewujudkan dan meningkatkan pembangunan nasional, para pemuda memiliki beberapa upaya yang mampu mendorong dalam terciptanya beberapa kondisi penting dalam pembangunan sebagai berikut :

  • Iklim yang kondusif
  • Harmonisasi
  • Good govermance
  • Bidang politik

Pemuda Indonesia diharapkan mampu mengambil setiap peluang yang ada dan memanfaatkannya secara baik demi kemajuan bangsa. Tumbuh kembangnya organisasi kepemudaan yang semakin banyak menjadi salah satu pertanda dari peran politik pemuda. Banyaknya organisasi kepemudaan yang muncul dan bergerak di bidang politik membuktikan bahwa besarnya keinginan para pemuda untuk ikut serta dalam arah kebijakan politik negri ini.

Bidang EKONOMI

Pemuda yang bertindak sebagai agen perubahan selalu berupaya untuk ikut serta dalam peningkiatan perekonomian di Indonesia. Berikut adalah peran pemuda dalam bidang perekonomian di Indonesia

  • Peran pemuda dalam penyediaan lapangan kerja
  • Peran pemuda dalam pembangunan desa

Bidang SOCIAL

Peran pemuda dalam bidang ini ditunjukkan dengan banyaknya para pemuda yang terjun dalam organisasi social kepemudaan. Perannya di dalam organisasi semacam ini memiliki tujuan untuk meningkatkan toleransi antar lapisan social individu yang berbeda agar tidak terjadi perpecahan dan menjadi satu kesatuan yang kuat, yang pada akhirnya bersama-sama menyelesaikan permasalah nasional demi terwujudnya pembangunan nasional.

Bidang PENDIDIKAN DAN BUDAYA

Peran pemuda dalam dunia pendidikan dan budaya sangat besar. Selain sebagai objek pembangunan dalam peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan, para pemuda juga berperan sebagai subjek dalam peningkatan pendidikan dan kebudayaan yang ada. Dalam hal perannya sebagai objek pembangunan, pemuda menjadi penentu keberhasilan pembangunan dalam hal peningkatan pendidikan para individu pemuda. Sementara itu, sebagai subjek, pjuga memberikan upaya-upaya dalam hal peningkatan dan pelestarian pendidikan dan kebudayaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: