PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KARANG TARUNA


Gambar

Dahulu, organisasi karang taruna sangat berpengaruh dan terasa guyub dalam menghidupkan kegiatan dan aktivitas warga masyarakat. Namun, kegiatan-kegiatan karang taruna nampak berkurang. Sekarang inilah saatnya bagi para pemuda untuk kembali mengaktifkan kegiatan karang taruna. Sebagai wadah pembinaan, tentu saja karang taruna harus memiliki program-program kegiatan yang jelasw, sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang ada di sekitarnya. Sebenarnya banyak hal yang bias dilakukan para pemuda karang taruna untuk menyumbangkan hal-hal besar yang dimulai dari hal-hal yang kecil :

  • Melatih berorganisasi yang kompak dan sehat
  • Mengadakan jadwal olahraga bersama
  • Mengadakan sekolah gratis untuk anak prasekolah yang kurang mampu
  • Mendirikan perpustakaan yang sederhana.

Berikut adalah beberapa program kegiatan yang dilaksanakan oleh karang taruna.

Usaha Ekonomis Produktif

Salah satu cara mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia adalah member kesempatan kerja seluas-luasnya kepada tenaga muda sebagai tenaga yang positif. Berkaitan dengan hal tersebut, diperlukan beberapa langkah konkret agar masalah ketenagakerjaan di Indonesia dapat diatasi. Salah satu langkah konkret itu dapat ditemukan dalam kegiatan karang taruna yang bersifat ekonomis produktif, diantaranya bengkel motor, kerajinan anyaman, perikanan, pembuatan paving block, pembuatan pot bunga, budidaya jamur merang, perikanan, dan ternak domba yang dihimpun dalam bentuk kelompok usaha bersama.

Pendidikan Dan Pelatihan

Pemberian keterampilan yang memadai, penciptaan pergaulan yang sehat, dan penciptaan lapangan kerja ditunjukkan untuk mencegah pemuda dari perbuatan maupun tindakan menyimpang. Berkaitan hal tersebut, karang taruna bersama-sama dengan pemerintah mengusahakan berbagai keterampilan dan pendidikan yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang lain untuk praktik. Pendidikan tersebut dapat berupa :

  • Pelatihan mekanik
  • Pelatihan merakit teknologi tepat guna

Penanganan Masalah Social

Karang taruna sebagai bagian dari masyarakat, hendaknya berperan dalam penanganan berbagai masalah social. Salah satu masalah social tersebut adalah terjadinya bencana alam.

Olahraga Dan Kesenian

Olahraga dan kesenian merupakan dua jenis kegiatan yang bersifat rekreatif. Setiap pemuda ataupun pemudi yang tergabung dalam karang taruna diharapkan untuk aktif dalam kegiatan ini.

Kerohanian

Salah satu kegiatan dalam karang taruna adalah kegiatan kerohanian sebagai upaya mempertebal keimanan dan ketakwaan terhadap tuhan YME. Berbagai kegiatan kerohanian seperti pengajian dan perayaan hari besar keagamaan merupakan kegiatan positif yang menjadi agenda kerja karang taruna. Pemuda harapan bangsa yang tergabung dalam karang taruna haruslah merupakan pemuda-pemuda dengan tingkat keimanan dan ketakwaan yang tinggi. Semua kegiatan tersebut pada dasarnya memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan bekal keterampilan maupun pengetahuan kepada pemuda-pemuda yang tergabung di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: