PEMBANGUNAN KEPEMUDAAN


Gambar

Para pemuda Indonesia saat ini dirasa belum siap untuk menangani permasalahan negeri sendirian. Di sisi lain, pemerintah juga harus lebih berperan aktif dalam pembangunan kepemudaan, yaitu proses memfasilitasi segala hal yang berkaitan dengan kepemudaan. Penyelesaiannya dapat dilakukan dengan perbaikan dan peningkatan fasilitas pendidikan, baik formal dari dasar sampai menengah maupun nonformal, hingga ke pelosok nusantara. Selain pembentukan suatu kebijakan untuk pembangunan kepemudaan, pemerintah juga meletakkan paradigma pembangunan kepemudaan guna mendorong partisipasi para pemuda Indonesia, antara lain sebagai berikut :

  • Mengutamakan pemuda sebagai kategori social daripada kategori politik
  • Melakukan reformasi pembangunan kepemudaan dengan melaksanakan tiga langkah pembangunan kepemudaan yaitu, pemberdayaan, pengembangan, dan perlindungan
  • Menghindari tiga langkah traumatis dalam pembangunan kepemudaan, yaitu pembinaan, pengawasan, dan pengaturan

Dalam upaya pembangunan para pemuda agar dapat menjadi sosok pemimpin, perlu adanya kerjasama dari berbagai pihak. Ikut campur tangannya beberapa pihak lain membutuhkan proses sosialisasi kepada para pemuda agar dalam menjalankan peranannya masing-masing dapat berjalan dengan baik. Semua warga Negara mengalami proses sosialisasi tanpa terkecuali. Proses sosialisasi membuat seseorang menjadi tahu bagaimana seharusnya ia bertingkah laku di tengah-tengah masyarakat dan lingkungan budayanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: