KARAKTER PEMUDA INDONESIA


Gambar

Pemuda telah menjadi satu identitas yang potensial sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sebagai sumber insane bagi pembangunan Negara dan bangsa. Di samping itu, pemuda juga memiliki peran penting sebagai agen intelektual dan agen social. Perlu diingat bahwa generasi sekarang berbeda dengan generasi sebelumnya dan generasi mendatang juga pasti akan berbeda dengan generasi sekarang. Setiap generasi, sesuai dengan zamannya, memiliki cirri khas corak atau watak perjuanga. Berikut adalah bentuk-bentuk regenerasi:

  • Regenerasi alamiah artinya regenerasi ini berjalan sebagai suatu hal yang biasa saja, berlangsung secara alami, dan tidak dipublikasikan.
  • Regenerasi berencana artinya proses regenerasi ini benar-benar direncanakan dan dipersiapkan sehingga regenerasi ini juga disebut regenerasi kaderisasi.

Banyak cara dilakukan untuk membentuk generasi muda yang memiliki karakter sebagai pemimpin sejak dini. Apalagi dengan masalah-masalah kepemudaan yang berkembang dewasa ini, pemuda dituntut memiliki karakter yang meliputi kepemimpinan yang kuat, kemandirian, dan kepeloporan pemuda. Selain memiliki jiwa kepemimpinan, kepemimpinan, dan kepeloporan, para pemuda Indonesia diharapkan emiliki karakter yang memiliki semangat kejuangan, kesukarelaan, tanggung jawab, dan ksatria serta memiliki sifat kritis, idealis, inovatif, progresif, dinamis, reformis, dan futuristik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: