PRESTASI MEMPENGARUHI HARGA DIRI


Gambar

Prestasi dan harga diri merupakan dua hal penting bagi manusia dalam ruang lingkup kehidupan bermasyarakat dan berwarga Negara. Prestasi adalah hasil yang telah dicapai dari sesuatu yang sudah dilakukan atau dikerjakan. Jika digambarkan dalam sebuah kerangka prestasi berada sejajar dengan harga diri seseorang pun semakin meningkat. Hal ini berkaitan dengan empat faktor yang dikemukakan Coopersmith dalam membangun harga diri seseorang sebagai berikut :

Kekuasaan

Kekuasaan adalah kemampuan seseorang untuk menguasai orang lain bedasarkan kewibawaan, wewenang, karisma, atau kekuatan fisik.

Keberartian

Keberartian adalah perihal mempunyai arti. Maksudnya, untuk memperoleh penghargaan berupa perhatian, penilaian, dan kasih saying dari orang lain kita harus mempunyai arti bagi orang tersebut.

Kebajikan

Kebajikan berarti perbuatan baik yang dapat dipahami sebagai ketaatan untuk mengikuti standard moral dan etika. Agar tetap dihargai, kita harus menjauhi segala perbuatan buruk yang bertentangan dengan norma dan aturan yang berlaku dalam masyarakat.

Kemampuan

Kemampuan adalah kesanggupan melakukan sesuatu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: