KEPENTINGAN BERSAMA DI ATAS SEGALANYA


Gambar

Sebuah organisasi tentu mempunyai prinsip-prinsip organisasi yang bertujuan memajukan dan meningkatkan kualitas dan performance organisasi. Adapun prinsip-prinsip yang harus kita terapkan dalam mengelola organisasi adalah sebagai berikut :

Bergaris Massa

Garis massa adalah prinsip revolusioner yang mengajarkan kita tegak berdiri dan percaya pada massa untuk pembebasannya, yang berarti membangun dan memperluas struktur perlawanan organisai secar kuantitas yang tentu akan semakin menambah daya dobrak dan kualitas organisai. Satu hal yang harus kita tegaskan bahwa power sharing kekuasaan tidak akan pernah terjadi ketika posisi tawar dalam hal kekuatan massa kita sempit dan kecil. Oleh karena itu, pengorganisasian dan pembasisan adalah mutlak bagi kita.

Kepemimpinan Dan Kepeloporan

Prinsip kepemimpinan dan kepeloporan adalah premis umum yang menjadi keharusan di kalangan mahasiswa. Sudah sepatutnya mahasiswa berada paling depan untuk menyuarakan setiap tindakan ketidakadilan yang terjadi. Dengan demikian, akan menimbulkan efek yang secara psikologis akan memberikan keyakinan-keyakinan kepada massa bahwa telah ada yang memulai dan kita pun harus turut serta bertindak seperti layaknya mereka yang telah memulainya.

Kolektifisme

Kolektifisme merupakan prinsip kebersamaan yang menjadi saran mempererat dan mempertajam hubungan emosional dan rasa empati serta tenggang rasa antar sesama kader atau anggota-anggota organisasi.

Kritik-Self

Kritik dalam mengelola organisasi merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam mengukur keunggulan dan kemampuan, kelemahan, ancaman, serta peluang. Dapun metode kritik-self adalah kritik dalam ranah bagaimana menentukan sebuah keputusan-keputusan secara objektif dan menghindari sujektifitas dalam rangkaian kerja organisasi.

Sentralisme Demokrasi

Sentralisme demokrasi adalah prinsip pembimbing penuntun kita dalam menjalankan organisai. Sentralisme demokrasi berarti sentralisme yang didasarkan pada demokrasi dan demokrasi dibawah kepemimpinan sentralisasi. Sentralisme berdasarkan pada demokrasi berarti memperhitungkan segala sesuatu berdasarkan keseluruhan kepentingan dan kondisi organisasi. Keputusan-keputusan yang dijalankan dalam organisasi secara bersama diputuskan atas dan didasarkan pada kepentingan umum.

Kedisiplinan Dan Kesatuan Dalam Tindakan

Satu hal yang pasti bahwa gerakan mahasiswa hari ini terlalu dimanjakan oleh keadaan. Hal tersebut ikut mempengaruhi watak dan budaya mahasiswa yang cenderung malas, manja, tidak tetap waktu, sok intelektual, heroisme, dan kecenderungan hanya ingin memerintah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: