KEJUJURAN, KOMUNIKASI, DAN KESEDERHANAAN


Gambar

Pemimpin sejati ialah mereka yang memiliki keunggulan, kompetensi, tanggung jawab, sikap terbuka, daya integratif dengan semangat pelayanan dan kepedulian. Untuk membentuk pemempin yang seperti itulah diperlukan kejujuran, komunikasi, dan kesederhanaan sebagai landasan teladan dalam pembentukan karakter. Kejujuran merupakan kualitas manusiawi melalui makna manusia mengomunikasikan diri dan bertindak secara benar. Secara sederhana, kejujuran bisa diartikan sebagai sebuah kemampuan untuk mengekspresikan fakta dan keyakinan pribadi sebaik mungkin sebagaimana adanya. Sikap itu terwujud dalam perilaku, baik jujur terhadap orang lain maupun terhadap diri sendiri, serta sikap jujur terhadap motivasi pribadi maupun kenyataan  batin dalam diri seorang individu. Kualitas kejujuran seseorang meliputi selurah perilakunya, yaitu, perilaku yang termanifestasi keluar, maupun sikap batin yang ada di dalam. Konsep tentang kejujuran dapat membingungkan dan mudah dimanipulasi karena sifatnya yang lebih interior. Perilaku jujur mengukur kualitas moral seseorang.

Setiap keyakinan pribadi menyisakan bias subjektifitas yang bisa saja mengaburkan diri kita dalam memahami realitas sebagaiman adanya. Sikap jujur dengan demikian bisa dikatakan sebagai sebuah usaha untuk senantiasa bersikap selaras dengan nilai-nilai kebenaran. Kualitas keterbukaan kita terhadap yang lain akan menentukan kadar kejujuran atau ketidakjujuran kita. Akan tetapi, sering keterbukaan ini bergantung pada pemahaman diri kita terhadap realitas, termasuk pemahaman nilai-nilai moral yang kita yakini. Menguoayakan nilai kejujuran tidak sama dengan memperjuangkan ideologi yang sifatnya lentur dan berubah setiap saatinilai mengapa, meskipun kita tahu bahwa kejujuran sangat penting bagi kehidupan, nilai kejujuran sulit menjadi norma sebuah kultur masyarakat. Kejujuran memiliki kaitan yang erat dengan kebenaran dan moralitas.

Kejujuran sejati bukan sekedar kesediaan kita menerima diri dan orang lain sebagaiman adanya demi kelangsungan hidup bersama. Kejujuran sejati juga mengadaikan bahwa kita jujur tentang kemungkinan dan potensi yang kita miliki sebagai individu. Untuk memahami lebih praktis perilaku kejujuran, sering akan lebih mudah bagi kita menunjukkan macam tindakan-tindakan ketidakjujuran dalam kerangka pendidikan. Karena kerangka dalam kebersamaan, komitmen tidak lepas pula dari proses komunikasi. Komitmen tanpa sebuah komunikasi antara pihak-pihak yang bekerjasama, tidak aka nada hasil yang akan diwujudkan bersama. Tidak akan ada pendidikan tanpa komunikasi sebab pendidikan merupakan intevensi sosial bagi pembentukan generasi muda agar mereka bertumbuh secara maksimal menjadi pribadi yang mandiri, dewasa dan bertanggung jawab. Komunikasi senantiasa berkaitan dengan pembentukan komunitas, yaitu, sebuah keadaan hidup bersama yang saling membantu dan menumbuhkan setiap individu yang terlibat di dalamnya. Semangat untuk secara jujur dan bertanggung jawab dalam komunitas pembelajaran ini perlu mendapat bentuknya di dalam kegiatan kita sehari-hari. Komitmen diperlukan untuk membentuk karakter sebagai manusia muda yang akan mengemban tugas dan tanggung jawab ke depan. Singkatnya, komitmen adalah sebuah kesanggupan kita bersama yang dikumpulkan di komunitas ini demi tujuan bersama di masa depan. Pendidikan adalah sebuah proses pembentukan pribadi yang mau dan mampu diutus untuk membangun dunia secara lebih manusiawi di masa depan.

Nilai kesederhanaan berkaitan dengan sifat ugahari, yaitu perilaku untukj mempergunakan sesuatu apa adanya sesuai kebutuhan, tidak melebihi apa yang seharusnya. Dalam kerangka pendidikan, sikap sederhana ini bisa diwujudkan dalam penggunaan sarana dan prasarana secara maksimal demi pengembangan diri, semangat bekerja keras dalam belajar dan menempa diri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: