TINGKATAN KEKUATAN NORMA


Gambar

Norma sangat diperlukan oleh masyarakat dalam interaksi antar anggota masyarakat. Norma mempunyai kekuatan untuk mendukung atau menolak perilaku seseorang. Norma-norma yang ada di dalam masyarakat mempunyai kekuatan mengikat yang berbeda-beda.

  • Cara (Usage)

Cara adalah suatu perbuatan tertentu yang dilakukan individu dalam suatu masyarakat tetapi tidak secara terus-menerus. Norma ini mempunyai kekuatan yang lemah dibanding norma lain. Sanksi yang yang diberikan kepada orang yang melakukan penyimpangan norma ini hanya berupa celaan.

  • Kebiasaan (Folkways)

Kebiasaan adalah sebuah bentuk perbuatan yang dilakukan berulang-ulang dengan cara yang sama yang dilakukan secara sadar dan mempunyai tujuan-tujuan jelas dan dianggap baik dan benar. Kebiasaan mempunyai kekuatan mengikat lebih tinggi daripada cara. Sanksi terhadap pelanggaran norma ini berupa teguran, sindiran, dan pergunjingan.

  • Tata Kelakuan (Mores)

Mores adalah sekumpulan perbuatan yang mencerminkan sifat-sifat hidup dari sekelompok manusia yang dilakukan secara sadar guna melaksanakan pengawasan oleh kelompok terhadap anggota-anggotanya. Norma ini memiliki kekuatan yang lebih dari kebiasaan. Sanksi bagi pelanggar terhadap mores akan dikucilakn atau dikutuk oleh sebagian besar masyarakat.

Dalam masyarakat, tata kelakuan mempunyai fungsi sebagai berikut :

  • Memberikan batasan pada perilaku individu dalam masyarakat tertentu
  • Mendorong seseorang agar sanggup menyesuaikan tindakan-tindakannya dengan tata kelakuan yang berlaku
  • Membentuk solidaritas antar anggota masyarakat
    • Adat Istiadat (Customs)

Norma adat istiadat adalah kumpulan tata kelakuan yang paling tinggi kedudukannya karena bersifat kekal dan terintegrasi sangat kuat terhadap masyarakat yang memilikinya. Pelanggaran terhadap norma ini akan dikenai sanksi yang keras baik langsung maupun tidak langsung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: