NORMA BERDASARKAN BIDANGNYA


  • Norma Agama

Norma agama adalah petunjuk dan pegangan hidup menuju jalan yang benar, yang sumbernya berasal dari tuhan. Norma agama salah satunya berisis tata cara beribadah sebagai sarana berhubungan dengan tuhan. Daya ikat norma agama sebenarnya cukup kuat, namun sanksi yang diterima tidak langsung.

  • Norma Kesopanan

Norma kesopanan merupakan peraturan sosial yang mengarah pada hal-hal yang berkenaan dengan bagaimana seseorang harus bertingkah laku yang wajar dalam kehidupan bermasyarakat. Norma kesopanan timbul dari pergaulan segolongan manusia dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari sekelompok masyarakat. Norma kesopanan yang berlaku di suatu kelompok belum tentu berlau di kelompok lainnya. Norma kesopanan sangat penting untuk diterapkan, terutama dalam bermasyarakat karena norma ini sangat erat kaitannya terhadap pandangan masyarakat.

  • Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan adalah peraturan sosial yang berasal dari hati nurani yang menghasilkan budi pekerti, sehingga orang dapat membedakan apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk. Norma kesusialaan berhubungan dengan perbuatan baik dan buruk, dengan hati nurani sebgai penimbangnya. Sanksi bagi pelanggar norma ini berupa dikucilkan atau diusir.

  • Norma Hukum

Norma hukum adalah aturan sosial yang dibuat oleh lembaga-lembaga tertentu, sehingga dengan tegas dapat melarang serta memaksa orang untuk dapat berperilaku sesuai dengan keinginan pembuat peraturan itu sendiri. Pelanggaran terhadap norma ini berupa sanksi denda sampai hukuman fisik dipenjara. Hukuman mati bergantung pada tingkatan yang dilanggar. Tujuannya untuk menertibkan dan menstabilkan kehidupan sosial. Norma hukum berfungsi sebagai control sosial. Kelemahan dari norma hukum, yaitu jika penegaknya tebang pilih atau lambat dalam penegakkannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: