FUNGSI NILAI


Gambar

Masyarakat bisa melakukan sesuatu sekehandak hatinya, tanpa memikirkan orang lain. Itulah yang terjadi jika tidak ada nilai-nilai sosial dalam masyarakat. Nilai sosial berfungsi sebgai acuan, alas an, atau motivasi dalam segala tingkah laku, dan perbuatan manusia dalam kehidupan. Nilai tersebut mencerminkan kualitas pilihan tindakan dan pandangan hidup seseorang dalam masyarakat. Dari uraian tersebut, fungsi nilai sosial dapat diklasifikasikan sebgai berikut :

  • Petunjuk Arah

Pola pikir dan tingkah laku masyarakat umumnya diarahkan oleh nilai-nilai sosial yang berlaku di masyarakat tersebut.

  • Pemersatu

Nilai sosial juga berfungsi sebgai pemersatu yang dapat mengumpulkan orang banyak dalam kesatuan atau kelompok tertentu, dengan kata lain, nilai sosial menciptakan dan meningkatkan solidaritas antar manusia.

  • Benteng Perlindungan

Benteng perlindungan berarti sesuatu yang berdiri kokoh, yang dijadikan tempat perlindungan terhadap rongrongan yang berasal dari luar.

  • Pendorong

Nilai sosial juga berfungsi sebgai alat pendorong dan sekaligus menuntun manusia untuk berbuat baik. Apabila nilai sosial dijunjung tinggi oleh sebagian besar masyarakat maka akan terbentuk masyarakat yang beradab, menjunjung tinggi nilai keadilan, kedisiplinan, kejujuran dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: