NILAI-NILAI DI MASYARAKAT


Gambar

Menurut sumbernya, nilai sosial dapat diklasifikasikan menjadi tiga yaitu dari tuhan, individu, dan masyarakat.

  • Nilai Yang Bersumber Dari Tuhan

Sumber sosial berasal dari tuhan disebut nilai theonom nilai ini biasanya diketahui melalui ajaran agama yang ditulis dalam kitab suci. Setiap ajaran agama, mengajarkan nilai kebaikan yang dapat memberikan pedoman dalam bersikap dan bertingkah laku menuju yang benar. Nilai agama diwujudkan dalam bentuk amal perbuatan sebagai ibadah kepada tuhan.

  • Nilai Yang Bersumber Dari Individu

Dalam kenyataannya, nilai sosial yang berasal dari individu sering ditularkan dengan cara member contoh perilaku yang sesuai dengan nilai yang dimaksud. Nilai yang berasal dai individu disebut nilai otonom.

  • Nilai Yang Bersumber Dari Masyarakat

Masyarakat menepakati sesuatu hal dianggap baik dan luhru, kemudian menjadikannya sebagai suatu pedoman dalam bertingkah laku. Nilai yang berasal dari hasil kesepakatan banyak orang disebut heteronom.

Nilai-nilai yang ada dan berlaku di masyarakat bermacam-macam. Ditinjau dari penilaiannya, nilai terdiri dari :

  • Nilai Etika

Nilai etika digunakan untuk menentukan baik atau buruk suatu perbuatan atau tingkah laku seseorang. Nilai estetika merupakan nilai untuk manusia sebagai pribadi yang utuh seperti kejujuran. Nilai ini berkaitan dengan benar dan salah yang dianut oleh golongan atau masyarakat. Nilai etika sering disebut sebgai nilai moral, akhlak, dan budi pekerti.

  • Nilai Agama

Nilai agama digunakan untuk menilai hubungan manusia dengan tuhan, nilai agama sifatnya mutlak dan berasal dari hidayah yang diberikan tuhan kepada kita. Nilai ini memberikan petunjuk kepada kita tentang cara menjalani kehidupan, kaitannya dengan perintah dal larangan-Nya.

  • Nilai Estetika

Nilai estetika digunakan untuk menilai keindahan, kaitannya dengan bagus atau jelek. Nilai estetika atau nilai keindahan sering dikaitkan dengan benda, orang, dan peristiwa yang dapat menyenangkan hati. Nilai estetika juga dikaitkan dengan karya seni. Walaupun demikian, nilai estetika sebuah seni bergantung pada selera dan pandangan masing-masing.

  • Nilai Sosial

Nilai sosial digunakan untuk menentukan kualitas hubungan antar manusia dalam lingkungan masyarakat. Nilai ini terkait dengan bagaimana sikap dan tindakan kita terhadap orang lain di lingkungan sekitar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: