KARAKTERISTIK BANGSA YANG BESAR


Gambar

Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Para Penguasanya Berpikir Untuk Bangsa Dan Negaranya

Para penguasa yang mengedepankan kepentingan bangsanya, akan selalu berhati-hati dalam bertindak dan mutuskan suatu kebijakan. Ia tidak akan bisa tenang jika masih ada bagian dari bangsanya diperlakukan tidak adil. Penguasa sepeti ini akan sangat dicintai rakyatnya. Yang pada akhirnya, bangsa dengan penguasa seperti ini akan menjadi bangsa yang kuat.

Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Mandiri

Bukan berarti bangsa itu tidak membutuhkan bekerjasama dengan Negara lain. Akan tetapi, ia tidak tergantung pada uluran tangan orang lain. Sebisa mungkin segala sesuatunya dihasilkan sendiri.

Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Peduli Akan Pendidikan

Ada beberapa faktor yang menyebabkan generasi muda suatu bangsa menjadi tidak berpendidikan.

  • Generasi mudanya sendiri sudah tidak peduli dengan pendidikannya
  • Keinginan bersekolah dari bangsa tersebit tinggi, tetapi sistemnya membuat generasi mudanya sulit mendapat pendidikan
  • System pendidikan dari Negara tersebut bermasalah dan keinginan bersekolah juga rendah

Suatu bangsa yang peduli dengan pendidikan, akan mengahsilkan generasi-generasi muda yang unggul. Namun, pendidikan tenpa didasari spiritual dan moralitas pun akan menyebabkan krisisnya suatu bangsa. Oleh karena itu, pendidikan agama dan moral pun tidak kalah pentingnya.

Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Selalu Penuh Semangat Untuk Berjuang

Rintangan tidak akan membuat bangsa itu mundur. Baginya, kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Justru dari kegagalanlah ia belajar agar dapat meraih sukses.

Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Gemar Menulis

Dengan menulis, kita dapat berbagi pemikiran dengan orang lain. Untuk memulai menulis, kita tidak perlu berusaha payah memikirkan hal besar apa yang akan ditulis. Tidak perlu juga mencari penerbit yang akan menerbitkan tulisan kita. Cukup memulainya dengan hal yang paling sederhana. Setelah mulai terbiasa menulis, cobalah menulis sesuatu yang akan dibaca orang banyak. Menulis merupakan proses pembelajaran juga. Ini karena pada akhirnya, kita akan mencari tahu lebih banyak informasi mengenai sesuatu yang akan ditulis tersebut.

Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghargai Kebudayaannya

Jika diibaratkan manusia, bangsa yang tidak menghargai kebudayaannya adalah manusia yang tidak mensyukuri apa yang dia punya. Ia merupakan manusia yang tidak yakin pada dirinya sendiri dan cenderung minder. Ia tidak pernah puas dengan dirinya apa adanya. Dan bangsa tersebut tidak menyadari bahwa sebenarnya kebudayaannya itu merupakan identitas bangsa itu sendiri.

Bangsa Yang Besar Bangsa Yang Menghormati Sejarah Dan Jasa Para Pahlawannya

Kesalahan-kesalahan yang terjadi pada masa lalu akan dijadikan pelajaran sehingga tidak terulang lagi di kemudian hari. Akan berusaha berbuat lebih baik agar dapat lebih maju lagi.

2 Comments

Add yours →

  1. berharap bangsa indonesia bisa menciptakan karakter anak bangsa yang dapat membanggakan negerinya. semoga masyarakat kita tidak mengalami degradasi moral karena terpengaruh oleh era yang bebas ini

    rizkianurfrina.student.ipb.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: