TIPS DAN TRIK UNTUK BISNIS DISTRO MODAL ANAK SMA


Gambar

Kebanyakan distro sudah memiliki desainer sendiri sehingga desain yang dibuat tidak akan sama dengan distro yang lain. Untuk bisa bersaing, setiap distro harus memiliki desain yang khas, memiliki keunikan sendiri, berbeda dengan produ distro yang lain. Modal awal buka distro bervariasi, tergantung dari banyaknya barang/item yang ingin kita buat untuk dijual pertama kali. Distro sendiri pada dasarnya adalah tempat menjual kaos, pakaian, tas, sepatu maupun pernak-pernik lainnya yang memiliki desain unik. Bisnis ini masih baik untuk dijalani, apalagi kalau kita termasuk orang-orang yang memiliki kreativitas tinggi dan menyukai fashion. Untuk memulai bergerak, ide-ide kita untuk membuat produk sebaiknya segera dilakukan, kalaupun kamu mempunyai desain atau kreasi produk, langsung saja mencoba membuat prototypenya. Dikarenakan belum mempunyai tempat pemasaran sendiri atau ingin memperluas pemasarannya, clothing company ini “akrab” banget dengan distro. Untuk memulainya kamu bisa bekerja sama dengan pembuat barang khas anak muda yang dibina untuk dipasarkan produknya. Barang produksi yang ditawarkan sangat bergantung pada tingkat kesulitan pembuatan dan yang digunakan. Paling utama, bisnis ini membutuhkan kreatifitas tinggi dan kemampuan mengolah desain grafis, paling minimal menguasai photoshop.

Memasarkan Produk Lewat Internet

Secara teknis ada dua cara yang dapat kita gunakan untuk memasarkan produk kita melalui internet. Pertama, kita dapat menawarkan produk kita melalui situs “makelar” yang menyediakan space bagi orang-orang yang ingin menawarkan suatu produk atau jasa. Kedua adalah membuat home page produk kita sendiri. Selanjutnya, apabila bisnis kamu memiliki relasi yang memiliki alamat email, upaya aktivitas relation maintaining dapat dilakukan dengan mengirimkan email secara berkala mengenai perkembangan produk-produk yang dimiliki.

Mengelola Bisnis

Sebelum terjun ke dunia bisnis, terlebih dahulu kenali kelebihan dan kekurangan sendiri. Jangan terburu-buru memutuskan untuk terjun di dunia bisnis, apalagi sampai mengeluarkan sejumlah besar uang dan tenaga untuk berspekulasi dalam urusan ini. Perusahaan yang tumbuh berkembang adalah yang secara konstan melakukan penemuan-penemuan baru, memperbaiki, dan mengembangkan produk serta pelayanannya. Juga selalu mencari jalan untuk meningkatkan pendapatannya. Sebagai seorang entrepreneur, kamu harus bisa mempersiapkan diri pada hal-hal yang mungkin terjadi di luar dugaan dan kemampuanmu sendiri.

Cara Mudah Meningkatkan Kreativitas

Kamu tidak perlu memiliki IQ atau kecerdasan yang tinggi untuk menjadi kreatif. Banyak orang yang memiliki IQ tinggi tapi tidak dapat melakukan apa-apa untuk membuat hidaupnya lebih baik. 4 karakteristik untuk mengenali apakah ide kamu merupakan sebuah peluang bisnis yang bisa dijalankan.

Ide tersebut menarik bagi pelanggan

  • Ide tersebut dapat diterapkan dalam lingkungan bisnismu
  • Ide tersebut diterapkan dalam “jendela peluang” yang terbuka
  • Kamu mempunyai sumber daya dan keterampilan untuk membuat idemu menjadi sebuah bisnis

Kiat Berbisnis Di Internet

Banyak orang berbisnis melalui internet di era global ini, tidak hanya bisnis besar saja tapi juga bisnis rumahan. Meski begitu kamu juga perlu tahu langkah-langkah tepat apa yang dilakukan dalam berjualan lewat internet ini.

  • Produk yang tepat
  • Buat website sederhana tapi jelas
  • Update
  • Kemudahan prosedur
  • Kebijakan privasi
  • Lakukan test secara rutin

Kiat Sukses Jualan Lewat Pameran / Bazaar

  • Teliti memilih EO
  • Survey tempat
  • Fasilitas
  • Pilih lokasi stan yang strategis
  • Penataan
  • Agresif
  • Market test
  • Tes harga dan produk
  • Pindah

Hambatan

Sering kita mendengar keluhan dari para pengusaha, bahwa kegiatan usaha barang / jasa yang digeluti mengalami hambatan pemasaran, seperti produk yang dihasilkan tidak terjual sesuai yang diharapkan. Sudah tentu kondisi seperti ini sangat merugikan mereka. Jika saja kondisi seperti ini terus berlangsung sudah tentu pula kegiatan usaha mereka akan mengalami kebangkrutan.

Pemasaran berbeda dengan penjualan

     Penjualan, orang hanya sekedar menjual barang / jasa yang sudah ada dan bagaimana bisa menjual dalam jumlah sebanyak-banyaknya

  • Pemasaran selain bertujuan produk laku terjual juga bertujuan memuaskan pelanggan
  • Pemasaran tidak terjadi begitu saja, tetapi melalui proses yang panjang, mulai dari pembuatan produk hingga siapa saja sasaran produk
  • Mengelola pemasaran sama halnya dengan mengelola kebutuhan dasar pelanggan.

Apa yang dimaksud pemasaran?

  • Pemasaran adalah strategi untuk memuaskan konsumen
  • Melakukan pemasaran berarti bekerja dengan pasar
  • Pemasaran adalah ibarat arena perang
  • Pemasaran didasarkan pada kebutuhan dan kepuasan pembeli

Secara umum pemasaran dapat dilakukan dengan :

  • Focus pada kebutuhan konsumen
  • Lakukan promosi secar terus menerus dan terarah
  • Berikan diskon dan hadiah atau bonus bilamana perlu
  • Perhatikan teknik meraih pelanggan dan mencari pelanggan baru

Apa yang terjadi jika pelanggan tidak puas?

  • Pelanggan yang tidak puas berpotensi tidak akan membeli lagi produk
  • Setiap pelanggan yang tidak puas akan menceritakan kepada orang lain yang tidak terbatas jumlahnya
  • Kerugian waktu usaha, tenaga dan uang yang diperlukan untuk menarik pelanggan baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: