LANGKAH – LANGKAH TEKNIS MEMBANGUN BISNIS DISTRO


Gambar

Persiapan Bisnis

  • Niat dan semangat
  • Niat dan semangat itu adalah modal awal yang musti dimiliki untuk menerjuni suatu bisnis
  • Visi dan misi
  • Kedua hal ini akan memotivasi kita agar lebih konsisten untuk tujuanyang akan dicapai
  • Modal
  • Modal yang digunakan tidak harus selalu menguras kocek, biaya minim pun bisa.
  • Konsep
  • Konsep berperan penting dalam bisnis distro, konsep  merupakan dasar yang akan menjadi landasan bisnis ini.
  • Produksi
  • Produksi berkaitan dengan daya kreativitas. Satu desain T-Shirt hanya dibuat beberapa saja dengan warna-warna yang terbatas juga agak terkesan ekslusif, tidak pasaran. Jangan mencampr aduk produk-produk clothing ternama dengan yang biasa-biasa saja atau mencampur kualitas baik dengan yang biasa atau harga yang mahal dengan harga yang murah.
  • Harga
  • Langkah selanjutnya setelah produk apa saja dan kuallitas seperti apa yang akan dijual ditentukan, maka kita tentukan berapa kira-kira harga produk-produk tersebut akan dijual, juga estimasi keuntungannya.
  • Lokasi
  • Setelah mengenai kualitas dan penentuan harga, selanjutnya kita mulai menentukan lokasi atau tempat penjualan. Jangan asal pilih lokasi, kita perlu mempertimbangkan lebih matang dalam menentukan lokasi.
  • Promosi
  • Promosi merupakan keharusan dalam berbisnis
  • Distribusi
  • Namanya juga distribution store, maka sudah pasti kita akan mendistribusikan atau menyalurkan produk-produk baik itu produk buatan sendiri atau produk orang lain yag dititipkan ke distro.
  • Keuntungan
  • Keunrtungan dibagi dua dengan distro yang menitipkan barang lewat konsinya tadi. Maka kita akan mendapatkan presentase keuntungan dari setiap produk yang terjual.
  • Manajemen Kas
  • Pembukuan wajib kita buat, tujuannya adalah untuk mengetahui arus masuk dan arus keluar keuangan.
  • Membentuk Tim yang Solid
  • Agar bisnis bisa dikelola dengan optimal diperlukan tim yang solid. Kita harus mencari dan menempatkan orang-orang yang kompeten di bidangnya masing-masing, agar bisnis bisa berjalan lancer tanpa perlu kehadiran atau control terus-menerus dari kita.

Macam-Macam Konsep Distro

  • Konsep idealis
  • Konsep idealis biasanya mengusung suatu aliran music atau komunitas tertentu.
  • Konsep semi idealis
  • Konsep ini hampIr sama dengan konsep di atas, yakni mengusung konsep suatu aliran atau komunitas, hanya saja di sini tidak dibatasi pada aliran dan komunitas tertentu saja dan tidak disajikan sedemikian ekstrim sebagaimana konsep di atas, yang terasa kental aliran yang diusungnya.
  • Konsep yang mengikuti mode dan selera pasar
  • Konsep inilah yang banyak diusung oleh distro-distro pada umumnya.

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Dalam Pendirian Distro

  • Memilih nama atau label dan mendesain logo perusahaan
  • Coba untuk menghubungkan nama atau logo dengan bisnis atau konsep bisnis
  • Raih pasar dan laukan evaluasi pasar yang menjadi target pemasaran distro

Perencanaan, Manajemen Dan Pengelolaan Bisnis

Perencanaan bisnis mutlak diperlukan, jangan pernah menganggap sepele hal yang satu ini. Manajemen yang baik juga tak kalah pentingnya dan amat diperlukan dalam bisnis. Suatu bisnis menjadi besar terkait dengan peran manajemen yang baik. Hal-hal yang perlu dilakukan adalah melakukan penelitian ulang terhadap bisnis kita saat ini dan merencanakan ke depannya.

Pentingnya Kekuatan Merek Dalam Distro Dan Clothing

Merek merupakan hal yang sangat penting bagi produk jasa maupun barang. Merek bisa menarik minat konsumen untuk memakai produk tersebut. Banyak penelitian menyimpulkan hubungan antara konsumen dengan merek dimana merek tidak hanya sekedar logo, nama atau symbol, tetapi juga ada aspek emosional yang bermain di sana sebagaimana halnya factor-faktor fisikal yang menunjukkan bahwa merek memiliki ekuitasnya sendiri yang dibagi menjadi beberapa konteks dan dapat dikategorikan menjadi :

  • Loyalitas Merek
  • Kedekatan Merek
  • Kualitas Penerimaan
  • Patan dan Trademark

Langkah teknis membangun distro bisa dilmulai dengan cara bekerjasama dengan mereka yang memiliki keahlian membuat produk-produk khas distro yang akan dipasarkan. Berikut langkah yang bisa dilkukan untuk membangun distro dan clothing :

  • Buatlah rancangan skema produksi sesuai dengan visi serta karakter
  • Tetapkan produk utama yang akan diproduksi
  • Buatlah desain yang sesuai dengan konsep dan karakter
  • Mengontrol kualitas produki dan pengepakan
  • Lakukan kerjasama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: