MEMBANGUN KEBERANIAN DAN KETABAHAN


Gambar

Keberanian dan ketabahan adalah modal utama bagi setiap orang untuk meraih kesuksesannya. Stinggi apapun cita-cita, kalau tanpa keberanian dan ketabahan hanya akan menjadi khayalan belaka. Keberanian dan ketabahan dalam memegang prinsip yang diyakini akan memudahkan seseorang mempengaruhi orang lain. Dia akan disegani dan menjadi contoh sikap yang baik. Dengan sendirinya, masyarakat akan menunggu pilihan tokohnya yang teguh pendirian itu untuk dijadikan panutan sikap. Bila pilihan telah ditentukan masyarakat tinggal mengikuti sikapnya. Dari sinilah aura ketokohan seseorang mulai memancar. Setelah seperti itu, peluang untuk mewarnai masyarakat sangatlah besar. Apabila sifat yang menyertainya adalah sifat positif, kondisi masyarakat akan diperbaiki olehnya, begitu juga sebaliknya, apabila sifat yang menyertainya adalah sifat negatif, kondisi masyarakat akan memburuk karenanya

Lahirnya sifat pemberani dan tabah juga berawal dari keyakinan yang kuat akan prinsip yang dipegang. Keyakinan adalah pilar penyangga utama keberanian dan ketabahan, dan keyakinan tersebut hanya bisa terlahir dari kesadaran. Inilah unsur paling penting dalam menentukan keberhasilan seseorang. Seseorang harus dilatih untuk memegang prinsip-prinsip kehidupan sejak dini. Tanpa prinsip, seseorang tidak akan mempu untuk mengeksekusi spekulasi-spekulasi yang beresiko. Hidupnya akan selalu bimbang dan ragu. Segala cara akan dilakukan untuk menghindari tanggung jawab hanya karena rasa takut dan khawatir akan resiko yang akan terjadi. Dengan demikian haruslah dirnya mengorbankan diri orang lain untuk keselamatannya. Maka dari itu jika tidak ada prinsip yang kuat seseorang akan menjadi pengecut. Akan kah pengecut menjadi pimpinan anda?

Harapan harus dimiliki oleh seseorang yang berani dan tabah. Dalam perjalan kehidupan seseorang, harapan adalah kehidupan itu sendiri. Harapan yang baik dengan yang tepat akan menumbuhkan sifat optimistis. Sebaliknya, orang yang memiliki harapan yang terlalu berlebihan akan menciptakan sifat yang meremehkan. Demikian juga jika terlalu kurang, akan menciptakan sifat yang pesimistis.

Sifat berikutnya yang terkait dengan keberanian dan ketabahan adalah ketekunan. Salah satu cirri dari orang yang tabah adalah tekun. Tidak mudah menganggap gagal akan dirinya, dan segera berusaha lagi dan lagi. Banyak orang yang menginginkan kesuksesan. Namun, hal tersebut tidak kunjung dating karena dia terlalu cepat menganggap dirinya gagal, dan menyerah. Padahal jangankan setahun dua tahun, untuk sukses butuh bertahun-tahun untuk mencapainya.

Sifat berikutnya yang terkait dengan keberanian dan ketabahan adalah kesetiaan. Dalam bentuk apa pun, kesetiaan sangat dibutuhkan dalam membentuk karakter yang berani. Kesetiaan adalah penyumbang terbesar tumbuhnya keberanian. Orang yang setia terhadap sesuatu akan tumbuh rasa berani untuk membelan dan menjaga apa yang dia yakini. Walaupun dengan kemampuan yang terbatas sekalipun, orang yang setia tetap akan tetap berusaha karena kesetiaannya tersebut. Kesuksesan seseorang dalam berkarier juga sangat dipengaruhi dengan kesetian dirinya akan kariernya tersebut. Demikian juga dalam masyarakat. Akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sekitar karena kesetiaannya. Ibaratkan sebuah keluarga, kesetiaan mutlak dimiliki dalam setiap anggotanya. Jika satu pihak saja hilang kesetiaannya, maka hancurlah kepercayaan dan keharmonisan keluarga tersebut, sama juga seperti masyarakat dimana kita berada.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: