APAKAH KARAKTER DAPAT DIBENTUK?


Gambar

Dalam berbagai literature, kebiasaan yang dilakukan secara yang berulang-ulang yang didahului oleh kesadaran dan pemahaman akan menjadi karakterseseorang. Gen hanya merupakan salah satu factor penentu saja. Namun, jangan pula meremahkan factor genetis ini. Meskipundia bukan satu-satunya penentu. Ia adalah penenentu pertama yang melekat pada diri anak. Jika tidak ada proses berikutnya yang memiliki pengaruh yang kuat, boleh jadi factor genetis inilah yang menjadi karakter anak.

Namun kita jangan berputus asa dulu, bahwa penentu seseorang adalah keturunan alias gen yang mengalir dalam dirinya. Kini, telah ditemukan hal-hal yang paling berdampak pada karakter seseorang. Dari penelitian yang dilakukan, hal-hal seperti gen, makanan, teman, orang tua, dan tujuan, merupakan factor terkuat dalam mewarnai karakter seseorang.

Dengan demikian karakter dapatlah dibentuk.

Jika karakter diartikan sebagai mana basa asalnya, yakni charassein, tentu saja susah di ubah. Namun jika memandang bahwa karakter bisa dibangun atau dibentuk, ia pasti bisa diubah. Karena, pembangunan dan pembentukan itu sendiri dalah sebuah perubahan. Hanya saja, jika bangunan itu adalah bangunan yang kokoh, butuh waktu yang lama dan energy yang tidak sedikit untuk mengubhanya. Berbeda dengan bangunan tidak permanen yang menggunakan bahan yang rapuh, mengubahnya bukanlah sesuatu yang susah. Tetapi, karakter bukanlah sesuatu yang mudah diubah. Jika sesuatu itu mudah diubah, mungkin saja itu hanyalah sifat, sikap, pandangan, pendapat, atau pendirian, bukannya sebuah karakter.

Dengan menyadari bahwa karakter adalah sesuatu yang sangat sulit diubah, maka tidak ada pilihan lain kecuali membentuk karakter sejak usia dini. Merubahnya setelah karakter yang terbentuk semisal buruk merupakan sebuah pekerjaan yang tidak ringan. Butuh terapi panjang. Butuh konsistensi. Butuh biaya, butuh waktu, pikiran, dan pikiran yang banyak.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: