PEBEDAAN DARI SISI PSIKOLOGIS COWOK DAN CEWEK


Gambar

Para ahli psikologi membedakan cewek dan cowok dari otaknya. Otak manusia terdiri dari dua bagian, sisi kanan dan kiri. Dalam otak cewek, lebih banyak serat penghubung dan serat ini lebih besar dibanding yang taerdapat pada otak cowok. Ini membuat cewek memiliki kecenderungan lebih besar untuk menggunakan kedua sisi otak secara bersamaan. Sehingga cewek lebih pandai berbicara dan lebih pandai menjalin hubungan atau berinteraksi dengan individu lain. Tetapi, cewek cenderung menggunakan emosi ketika memproses informasi dank ala berkomunikasi.

Sebaliknya, cowok memiliki kecenderungan lebih banyak menggunakan sisi otak kirinya. Dengan demikian, mereka lebih banya menggunakan logika dan pemikiran rasional. Cowok juga cenderung mempunyai koordinasi mata-tangan yang lebih baik, sehingga sangat membantu disaat berolahraga dan melakukan kegiatan mekanis maupun membaca peta. Sejak lahir cowok umumnya tertarik pada benda-benda, sedangkan cewek cenderung pada wajah manusia.

Cowok umumnya tidak bisa memikirkan berbagai hal dalam waktu bersamaan. Mereka harus menutup dulu satu pintu pemikiran untuk bias mulai membuka pintu pemikiran baru” By : Thomas Whiteman, ahli psikologi Amerika.

Nah, perbedaan ini merupakan sumber kesalahpahaman terbesar antara cowok dan cewek. Cowok dengan cirri khasnya—mampu mengotak-kotakkan pemikiran—di mata cewek menjadi tampak dingin, tidak kenal belaskasihan, dan tidak emosional (karena mereka memiliki kemampuan mematikan emosi mereka). Sebaliknya, cowok sering berpikir bahwa cewek terlalu emosional dan tidak rasional, hanya karena emosi dan logika berinteraksi lebih banya di dalam pikiran cewek.

Ada penelitian yang mengatakan bahwa perbedaan-perbedaan itu kini dianggap lebih cenderung stereotype atau klise” By : Yati Utoyo Lubis, psikolog UI.

Dari keterangan oleh Yati ternyata kenyataan sikap atau pola pikir seseorang, baik cowok maupun cewek, sangat bergantung pada latar belakang di mana dan bagaimana seseorang dibesarkan. Jadi, selain memahami perbedaan seperti yang dijelaskan diatas, yang harus juga dipahami adalah “Manusia berkembang sesuai kebudayaan, kebiasaan, dan pola asuh yang ia terima”.

Sehingga persoalan terbesar yang dihadapi adalah berbedanya harapan dan kenyataan. Cowok berharap cewek seperti mereka, cewekpun demikian. Dapat disimpulkan bahwa untuk bisa serasi dalam menjalin hubungan adalah menyesuaikan harapan dan kemampuan individu.

Lebih baik bila masing-masing memahami, apa saja sih yang berbeda, lalu mencari jalan untuk berkompromi. Bukan dengan cara merugikan yang satu dan menguntungkan yang lain, malinkan dengan solusi yang bisa saling menguntungkan” By : Thomas Whiteman

 

 

3 Comments

Add yours →

  1. sangat bermanfaat😉 trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: